Kongres Luar Biasa PSSI

Respons Istana soal Kabar Zainudin Amali Mundur sebagai Menpora

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 20 Feb 2023 15:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pramono menegaskan segala tindakan menteri bila maju dalam organisasi di luar pemerintahan tentu sudah seizin Presiden Jokowi.
tirto.id - Sekretaris Kabinet Indonesia Maju, Pramono Anung belum mau memastikan soal kabar Menpora Zainudin Amali telah mengajukan surat pengunduran diri dari kursi menpora dan memilih fokus di PSSI. Akan tetapi, Pramono yakin surat pengunduran diri Amali sudah dibahas dengan presiden.

“Itu pasti pembicaraan secara langsung antara Pak Zainudin Amali dengan Bapak Presiden,” kata Pramono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (20/2/2023).

Pramono menegaskan bahwa segala tindakan menteri jika ingin maju dalam organisasi di luar pemerintahan tentu sudah seizin Jokowi selaku presiden. Hal itu juga berlaku bagi Amali maupun Erick Thohir.

Politikus PDIP itu menilai, pernyataan Zainudin Amali sudah cukup terang sehingga publik cukup menunggu waktu.

“Nah kalau Pak Zainudin Amali sudah menyampaikan itu, maka ya tafsirnya seperti yang disampaikan Pak Zainudin Amali. Jadi tinggal ditunggu saja,” kata Pramono.

Pramono pun meminta publik menunggu pengganti Amali jika memang resmi mundur. “Tunggu saja,” kata eks wakil ketua DPR RI itu.

Presiden Joko Widodo sebelumnya membolehkan Menpora Zainudin Amali untuk fokus pada kepengurusan PSSI setelah terpilih sebagai Waketum PSSI. Akan tetapi, Amali belum mau menjawab secara tegas apakah akan mundur dari kursi menteri atau tidak.

Usai pertemuan antara petinggi PSSI dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (20/2/2023), Amali mengaku sudah melaporkan kepada Presiden Jokowi soal statusnya sebagai Waketum PSSI. Ia pun mengatakan Jokowi menyerahkan keputusan kepada politikus Golkar itu.

"Tadi saya secara pribadi sudah melapor kepada Bapak Presiden dan tentu juga beliau sudah mengetahui tentang saya terpilih sebagai salah satu Wakil Ketua Umum PSSI dan beliau menyerahkan kepada saya," kata Amali di kompleks Istana Kepresidenan.

Amali menuturkan, ia juga menyampaikan harus memilih antara PSSI dan Kemenpora. Ia pun memutuskan untuk memilih sebagai pengurus PSSI.

"Saya sampaikan kepada Bapak Presiden, bapak saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola menjadi pengurus PSSI dan itu dipahami oleh beliau dan beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepakbola," kata Amali.


Baca juga artikel terkait PSSI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz

DarkLight