Respons Bentrokan di Sampang, Prabowo Minta Pendukungnya Tenang

Oleh: Haris Prabowo - 17 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prabowo meminta para pendukung dan relawannya tetap tenang sekaligus tidak terpancing provokasi.
tirto.id - Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzhar Simanjuntak, menyampaikan pesan dari capres 02 Prabowo Subianto terkait insiden bentrokan di Sampang, Madura, Jawa Timur pada hari ini. Menurut Dahnil, Prabowo meminta seluruh pendukungnya tetap tenang.

"Setenang kami di sini, jangan sampai melakukan tindakan-tindakan anarkisme. Yang paling penting sekarang adalah memastikan proses perhitungan suara dikawal seketat mungkin," kata Dahnil mengutip ucapan Prabowo, di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Bentrokan antara dua kelompok massa itu terjadi saat pemungutan suara berlangsung di TPS 07, Dusun Tapaan Tengah, Desa Tapaan, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang.

Berdasarkan keterangan Polda Jawa Timur, bentrokan ini terjadi sekitar pukul 09.45 WIB dan bisa diredam aparat pada pukul 11.25 WIB.

Insiden yang dipicu oleh perebutan mandat saksi pemungutan suara Pemilu 2019 itu membikin satu korban mengalami luka tembak. Polisi hingga kini masih memburu pelaku penembakan itu.


Dahnil menegaskan Prabowo meminta seluruh relawan pendukungnya agar tetap bertindak di koridor hukum dan tidak melakukan tindakan anarkis meski banyak fakta-fakta "ketidakadilan".

"Jadi tetap tenang santai senyum bila perlu menari. Hadapi dengan senyuman jadi ini proses perhitungan suara kan sedang berlangsung. Bahkan laporan-laporan yg masuk ke kita bahkan [berdasar] exit poll kita, kita unggul 55,4 persen," ujar Dahnil.

Relawan Prabowo Diminta Tidak Terprovokasi Hasil Survei

Selain itu, kata Dahnil, Prabowo juga berpesan agar jangan sampai para relawan pendukungnya termakan informasi-informasi hoaks yang kemudian memicu emosi.

"Ini yang sedang ditunggu beberapa pihak. Anda marah kemudian bertindak anarkis yang justru bisa menganulir kemenangan kita. Hati-hati dengan provokasi termasuk dengan lembaga-lembaga survei," tegas Dahnil.

"Jadi hati-hati dengan lembaga survei yang ujung-ujungnya memenangkan salah satu calon. Tetap hati-hati jangan sampai terprovokasi," ujar dia.

Dahnil mengingatkan jika para relawan Prabowo terprovokasi, "kemenangan" paslon 02 di Pilpres 2019 bisa "terganggu."

"Tenang dan tetap kawal karena kita pastikan Prabowo-Sansiaga menang. Takbir, takbir, takbir, menang!" Kata Dahnil.



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Addi M Idhom
DarkLight