Resep Tumis Jagung Asam Manis untuk Sahur dan Buka Puasa

Oleh: Balqis Fallahnda - 12 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Resep masakan tumis jagung asam manis untuk menu sahur dan buka puasa. Jagung memiliki nutrisi yang tinggi.
tirto.id - Sahur dan berbuka puasa dengan menu masakan yang segar adalah pilihan tepat. Menu sederhana yang praktis juga adalah salah satu kuncinya.

Memadukan kebutuhan di bulan puasa yaitu nikmat dan cepat saji, tumis jagung asam manis bisa menjadi pilihan. Berikut resep tumis jagung asam manis ala Laras Kinanthi dalam buku 90 Resep Masakan Menu Praktis untuk Sebulan.

Bahan

200 gram jagung muda (putren), iris serong
150 tahu, potong dadu, goreng
Minyak secukupnya untuk menggoreng dan menumis

Bumbu dihaluskan

5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai merah keriting
½ buah tomat
½ sdt terasi matang
Garam secukupnya
200 ml air
1 ikat kucai. Potong 2 cm
½ sdt penyedap bila suka

Cara membuat

Iris serong jagung muda, dan potong-potong tahu seukuran dadu. Goreng tahu sampai matang dan kecoklatan. Sisihkan.

Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Masukkan irisan jagung muda. Beri air biarkan mendidih.

Masukkan tahu goreng, kucai, garam, dan penyedap rasa bila suka. Aduk dan masak sampai bumbu meresap

Manfaat mengkonsumsi jagung muda

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat saat diolah menjadi masakan, jagung muda juga bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi, berikut manfaatnya melansir NDTV FOOD.

Rendah Kalori

Jagung mudah sangat rendah kalori. 100 gram jagung muda hanya mengandung 26 kalori. Sehingga memasukkan jagung muda ke dalam menu diet penurun berat badan Anda adalah pilihan yang tepat.

Kaya akan Serat

Jagung muda yang dipetik pada usia yang tepat penuh serat bermanfaat berdasarkan catatan dari buku Healing Foods oleh DK Publishing. Serat larut membantu mengontrol kadar gula darah, dan juga baik untuk jantung.

Serat menambah massa pada feses dan membantu keteraturan usus. Serat membutuhkan waktu paling lama untuk dicerna, sehingga menginduksi perasaan kenyang. Perasaan ini mencegah Anda makan berlebihan dengan makanan berlemak tinggi lainnya.

Sayuran Rendah Karbohidrat

Jika jagung terkenal dengan kandungan pati dan karbohidratnya yang tinggi, jagung muda kurang mengandung tepung. Jagung muda hanya memiliki 0,9 gram per satu porsi (28 gram).

Jagung muda juga memiliki kandungan lemak yang sangat rendah, bahkan hampir tidak ada, yang membuatnya menjadi hidangan tepat untuk menurunkan berat badan.

Nutrisi Padat

Jagung muda adalah sayuran padat yang sangat bergizi. Selain serat dan protein esensial, jagung muda juga mengandung antioksidan penting. Dikatakan bahwa hanya setengah cangkir sajian memenuhi 4 persen dari kebutuhan tubuh harian vitamin A dan zat besi, dan 2 persen dari kebutuhan harian vitamin C.

Merangsang Pencernaan

Jagung muda dikemas dengan serat larut dan tidak larut. Serat membantu merangsang pencernaan yang sehat. Sistem pencernaan yang sehat juga dapat membantu penurunan berat badan yang sehat dan efektif.

Kesehatan mata

Jagung muda kuning, seperti halnya jagung yang matang (tua) memiliki jumlah karotenoid yang layak. Karotenoid mendukung kesehatan mata dan menurunkan risiko katarak.

Kaya akan asam folat

Jagung muda adalah sumber folat. Asam folat memainkan peran penting dalam mencegah cacat lahir tabung saraf pada janin. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi wanita hamil.


Baca juga artikel terkait RESEP MASAKAN atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yantina Debora
DarkLight