Resep Masakan Buka Puasa dan Sahur: Ada Chicken Katsu

Oleh: Sarah Rahma Agustin - 28 April 2020
Resep chicken katsu untuk menu buka puasa dan sahur di bulan Ramadan 2020.
tirto.id - Olahan berbahan dada ayam cocok disajikan untuk menu buka puasa atau sahur. Selain mudah ditemukan, dada ayam juga mengandung tinggi protein dan rendah lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut bahan dan cara membuat membuat chicken katsu.

Chicken Katsu

- 3 buah fillet dada ayam.

Dimarinasi dengan 3 sdm kecap asin,

1/2 sdm gula palem,

1/2 sdt jahe parut, dan

2 siung bawang putih yang dihaluskan.

Bahan tepung:

- 2 sendok makan tepung terigu

- 3 sendok makan tepung sagu/tapioka

- 1 sendok makan maizena

- 2 sendok teh cabai bubuk (optional)

- 1/2 sendok teh merica bubuk

- 3 telur, kocok lepas

Tepung terakhir:

- Tepung roti, diutamakan panko yang berwarna kuning-putih.

Cara memasak chicken katsu:

Pertama belah dada ayam hingga tipis dan melebar. Pukul hingga jadi lebih lebar dan memar. Kedua, lumuri ayam dengan bahan marinasi. Setelah minimal 15 menit, tiriskan, lalu keringkan permukaan ayam.

Ketiga, balur ayam dengan bahan tepung. Lalu masukkan ke kocokan telur. Lalu balur ke tepung roti. Keempat, Goreng dengan api sedang hingga matang.

Dada ayam mengandung tinggi protein dan rendah lemak. Makanan ini juga menjadi pilihan yang sangat baik bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan.

Healthline menuliskan satu dada ayam tanpa kulit, tanpa tulang, dimasak (172 gram) memiliki rincian gizi berikut Dada ayam adalah sumber protein rendah lemak yang tidak mengandung karbohidrat.

Satu dada ayam memiliki 284 kalori, atau 165 kalori per 3,5 ons (100 gram). Sekitar 80% kalori berasal dari protein sedangkan 20% berasal dari lemak.

Jumlah rincian gizi tersebut merujuk pada dada ayam polos tanpa bahan tambahan. Setelah mulai memasaknya dalam minyak atau menambahkan bumbu atau saus, dapat meningkatkan total kalori, karbohidrat, dan lemak.


Baca juga artikel terkait RESEP MASAKAN atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Yantina Debora
DarkLight