Rekor Tim Putra Indonesia Juara Badminton Asia Team Championships

Oleh: Oryza Aditama - 16 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tim putra Indonesia juara Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020 sehingga menjadi pemenang turnamen tersebut dalam tiga edisi beruntun.
tirto.id - Tim beregu putra Indonesia memang layak disebut penguasa dalam ajang Badminton Asia Team Championships (BATC). Merah Putih sukses merengkuh tiga gelar beruntun, usai menjuarai ajang BATC 2020 di Manila, Filipina pada Minggu (16/2/2020) sekaligus satu-satunya yang mampu mengangkat trofi BATC sektor beregu putra.

Tim putra Indonesia langsung menunjukkan tajinya dalam gelaran perdana BATC 2016 yang berlangsung di Hyderabad, India. Skuad Indonesia sukses melibas semua lawan di penyisihan grup.

Di babak 8 besar BATC 2016, Indonesia sukses mengandaskan Hong Kong dengan skor 3-0. Hasil positif kembali ditorehkan saat babak semifinal dengan menumbangkan tuan rumah India dengan skor 3-1. Tim putra Merah Putih menjadi kampiun dalam gelaran perdana BATC, mengalahkan Jepang dengan skor 3-2 di final.

Kedigdayaan putra Indonesia masih berlanjut dalam gelaran BATC 2018 di Alor Setar, Malaysia. Kala itu Indonesia yang belum terkalahkan kembali merebut satu tempat di fase gugur dengan status juara grup.

Indonesia melibas Jepang dengan skor 3-0 di perempat final, kemudian menang 3-2 atas Korea Selatan di semifinal. Di laga puncak, Merah Putih berhasil menumbangkan tim Cina lewat skor 3-1.

Tiga poin kemenangan saat itu disumbangkan oleh tunggal putra Jonatan Christie, ditambah dua wakil ganda putra, Mohammad Ahsan/Angga Pratama dan Rian Agung Saputro/Hendra Setiawan.

Melawat ke Filipina dengan mengemban misi mempertahankan gelar juara BATC 2020, tim putra Indonesia mampu menuntaskan misi dengan baik. Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan kembali lolos ke fase gugur dengan menyandang status juara grup.

Mereka sukses melewati hadangan tim tuan rumah Filipina dengan skor 3-0 di perempat final. Kemudian menang tipis 3-2 atas India di semifinal. Di laga puncak tim Merah Putih menang 3-1 atas skuad Malaysia.

Kali ini tiga poin kemenangan disumbangkan oleh tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, ditambah dua wakil ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Fajar Alfian.

Selain menorehkan tiga kali gelar beruntun, tim putra Indonesia juga tercatat selalu meraih hasil maksimal dalam setiap laga beregu, alias belum pernah satu kali pun menderita kekalahan di ajang BATC sejak edisi perdana tahun 2016.



Berikut torehan tim putra Indonesia di final Badminton Asia Team Championships hingga edisi terbaru.

[Final BATC 2016] Indonesia vs Jepang (3-2)

[Final BATC 2018] Indonesia vs Cina (3-1)

[Final BATC 2020] Indonesia vs Malaysia (3-1)

Baca juga artikel terkait BATC 2020 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight