Rekam Jejak Codeblu di Dunia FnB dan Kasus dengan Farida Nurhan

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 26 Sep 2023 12:16 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Siapa Codeblu yang viral karena review makanan dan kena doxing oleh Farida Nurhan?
tirto.id - Review jujur makanan dari warung makan Madun Oseng Nyak Kopsah berbuntut perseteruan antara food vlogger Farida Nurhan dengan Codeblu.

Sayangnya perempuan yang akrab dipanggil Omay tersebut diduga melakukan body shaming dan doxing saat menanggapi review Codeblu lewat unggahan di akun TikTok-nya. Akibatnya, permasalahan ini berlanjut ke jalur hukum karena Codeblu melaporkan Omay ke polisi.

Selama ini Codeblu tidak menampakkan diri dalam tayangan review. Dia dominan mengambil gambar makanan yang hendak dikomentari. Codeblu menjadi pengisi suara narasinya dan kadang diselingi suara atau sosok istrinya, Rosa.

Dalam konten review makanan di warung Madun Oseng Nyak Kopsah, Codeblu memberikan kritikannya. Dia ke sana untuk mengonfirmasi cita rasa masakan yang sebelumnya juga di-review oleh food vlogger Aa Juju. Aa Juju telah berseteru dengan Omay sebelumnya dan kini giliran Codeblu, yang dianggap telah merugikan pemilik.

Omay dinilai bertindak berlebihan dengan mengungkap nama asli Codeblu melalui kontennya. Dirinya juga mengomentari Codeblu dengan menyebutnya "mirip seperti dukun" dan meragukan kapabilitasnya sebagai seorang reviewer makanan.

"Tak pikir kayak chef Juna, makanya enggak pakai video, enggak pakai foto, sok bisa review, sok ngerti FnB. Aku enggak menghina yo, ini apa kok kayak dukun lagi ngapain kamu, siapa dia namanya aslinya," kata Omay sembari tertawa dalam video yang pernah diunggahnya lewat akun TikTok @faridanurhan.

Siapa Codeblue dan Rekam Jejak di Dunia FnB

Codeblu untuk pertama kali memperlihatkan wajah aslinya melalui unggahan di akun TikTok @drrichardlee. Dia mengaku seseorang dengan latar belakang pendidikan Strata 2 (S2). Codeblu memiliki perawakan besar dan saat itu menggunakan kacamata hitam.

Identitas Codeblu memang tidak banyak terungkap sampai saat ini. Kendati demikian, dalam setiap konten review, dia akan mengungkapkan hal-hal yang ditemukannya secara jujur. Penilaian bukan sebatas menu makanan semata, tetapi juga mengulas pula dari sisi restorannya.

Codeblu banyak mengunggah review melalui akun TikTok @codebluuuu. Review-nya cenderung berani dan tidak segan dalam memberikan kritikan pedas jika dinilai tidak enak atau kurang sesuai standar. Ungkapan "ara-ara" dan "kek mana" menjadi ceplosan di kala dirinya menyampaikan narasi review.

Hal ini pula yang dilakukannya pada warung makan Madun Oseng Nyak Kopsah. Di warung tersebut, Codeblu memberikan kritik pada beberapa makanan yang dianggapnya mahal dan tidak enak.

Dia mencontohkan menemukan daging yang keras, cumi tidak segar, fuyunghai kebanyakan tepung, hingga udang masih ada kotorannya.

Di samping itu, dirinya menemukan ada pengunjung lain yang hanya diberikan plastik kresek putih untuk makanan yang dibawa pulang. Codeblu memberikan rating 3/10 bagi Madun Oseng Nyak Kopsah untuk nilai secara umum.

Akun @codebluuuu di TikTok saat ini memiliki 891.300 pengikut. Warganet yang menyukai postingan di akun tersebut telah mencapai 18,4 juta like. Puluhan postingan review makanan dan restorannya bisa disimak di sana.

"Saya bukan food reviewer yang punya standard, atau ijin praktek, tapi saya adalah manusia dengan standard tinggi. Apalagi kalau katanya enak banget makanannya, sudah pasti saya harus coba dong," tulis Codeblu di salah satu postingan di TikTok.


Baca juga artikel terkait FARIDA NURHAN atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight