Redmi Note 7 Pro vs Redmi Note 6 Pro, Apa Saja Peningkatannya?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 1 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jika membutuhkan ponsel andal untuk selfie, maka pengguna Redmi Note 6 Pro tak perlu upgrade ke Redmi Note 7 Pro.
tirto.id - Redmi Note 7 Pro, ponsel mid-range Xiaomi baru saja dirilis di India. Meskipun belum diboyong ke Indonesia, kemunculannya secara tak langsung "menggoda" pengguna Redmi Note 6 Pro, seri pendahulunya, untuk upgrade perangkat.

Sebagai seri yang lebih baru, Redmi Note 7 Pro mengusung peningkatan spesifikasi di sejumlah sektor dari yang ditawarkan Redmi Note 6 Pro. Apabila dua perangkat ini dibandingkan, maka ada 4 hal menonjol yang menjadi pembeda.

Pertama, terjadi perubahan desain signifikan. Redmi Note 7 Pro menonjolkan cangkang ber-finishing glossy dengan gradasi warna menawan. Tak hanya itu, ponsel ini tampil dengan poni minimalis berdesain Dot Notch.

Redmi Note 6 Pro masih mengandalkan cangkang berbahan aluminium dengan finishing brushed metal. Kendati juga tersemat notch, ponsel ini masih mengadopsi gaya "poni" konvensional khas iPhone X yang lebar dan panjang.

Kedua, terjadi lompatan performa. Redmi Note 7 Pro memiliki kinerja lebih gegas berkat dukungan chipset Snapdragon 675 berkonsep octa-core yang dipadukan RAM 6GB. Sisi grafis, ponsel ini cukup cakap diajak bermain game berkat GPU Adreno 612.

Redmi Note 6 Pro masih mengandalkan Snapdragon 636 yang juga diadopsi Redmi Note 5. Dapur pacu berkonsep octa-core ini dipadukan RAM 3GB atau 4GB. Seri kartu grafis lebih lawas yakni Adreno 509.

Ketiga, terjadi peningkatan di sektor fotografi. Redmi Note 7 Pro mengusung resolusi lebih besar di kamera utama, yakni 48MP dengan sensor Sony IMX586. Kamera kedua ponsel ini berkekuatan 5MP berfungsi sebagai AI dan depth sensor.

Kendati juga dibekali kamera belakang ganda, kamera utama Redmi Note 6 Pro hanya menawarkan resolusi 12MP, sedangkan kamera keduanya memiliki spesifikasi dan fungsi sama dengan penerusnya, yakni 5MP sebagai depth sensor.

Meski Redmi Note 6 "kalah" soal kamera belakang, ini tak berlaku untuk urusan swafoto. Jika Redmi Note 7 Pro hanya dibekali kamera depan tunggal 13MP, maka pendahulunya tersemat lensa selfie ganda, masing-masing 20MP dan 2MP.

Terakhir, soal teknologi pengisian daya perangkat. Kendati Redmi Note 7 Pro dan Redmi Note 6 Pro sama-sama dibekali baterai 4.000mAh, seri terbaru sudah dilengkapi fitur fast charge lebih mutakhir.

Redmi Note 7 Pro mendukung teknologi Quick Charge 4.0 yang menawarkan pengisian daya lebih cepat dari Quick Charge 3.0 di Redmi Note 6 Pro. Selain itu, Redmi Note 7 Pro sudah mendukung USB Type-C, sedangkan pendahulunya masih microUSB.

Jika membutuhkan ponsel dengan performa lebih gegas, maka Redmi Note 7 Pro dapat diandalkan. Namun apabila menyoal sektor fotografi khususnya selfie, maka pengguna Redmi Note 6 Pro tak perlu upgrade perangkat.


Baca juga artikel terkait XIAOMI atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi