Ramai Challenge Instagram: #10YearChallenge Hingga #SeberapaGreget

Oleh: Maria Ulfa - 17 Januari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Seberapa Greget Challenge, 10 Year Challenge, 30 Hari Bercerita, Momo Challenge, sampai dengan Kiki Challenge turut meramaikan media sosial beberapa waktu ini.
tirto.id - Foto dengan tagar #10YearChallenge saat ini sedang ramai di Twitter dan Instagram. Di Twitter, tagar #10YearChallenge bahkan trending nomor 1 di Indonesia pada Rabu (16/1/2019) siang, yang ditwitkan lebih dari 56 ribu kali.

Media sosial selalu dipenuhi oleh orang-orang yang memiliki kreativitas, yang sering bertingkah konyol dengan menciptakan tren-tren kocak, serta orang-orang berani melakukan challenge yang dinilai berbahaya.

Seperti tren Seberapa Greget Lo yang dilakukan di instagram. Tantangan ini memiliki tujuan untuk mengundang tawa bagi yang melihatnya. Sementara itu, untuk Kiki Dance Challenge dinilai berbahaya sampai dilarang dilakukan di beberapa negara seperti di Inggris, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya karena dinilai berbahaya.

Berikut ini, beberapa tren challenge yang populer di Instagram.

10 Years Challenge

#10YearChallenge menurut laman Standard merupakan sebuah tantangan sekaligus permainan menyenangkan untuk membandingkan usia saat ini dengan 10 tahun yang lalu. Dari perbandingan itu akan dicari perubahan yang signifikan atau justru tidak ada sama sekali.

Tidak ada syarat khusus untuk mengikuti tantangan ini. Pengguna hanya tinggal mengunggah foto dalam bentuk kolase atau berjejer dua berdampingan, satu foto saat ini dan satunya foto 10 tahun lalu. Apabila merujuk dari "aturan" ini, maka foto yang diunggah, yakni foto pada tahun 2009 dan 2019.

Setelah menyiapkan dua foto itu dan menatanya sedemikian rupa, tinggal diunggah ke Instagram atau Instagram dengan menyematkan tagar #10YearChallenge.



Kiki Dance Challenge

The Sun menulis, Kiki Dance Challenge yang memiliki nama lain “The Shiggy Dancer” ini terinspirasi dari lagu milik Drake “My Feeling”, dalam albumnya Scorpion.

Kiki Challenge ini dimulai oleh komedian di Instagram yaitu Shiggy yang justru menghasilkan sebuah challenge untuk dilakukan oleh orang lain.

Di mana Kiki Challenge dilakukan dengan menari di jalanan dengan diiringi lagu Drake “My Feeling” tersebut, dan lirik “are you riding?” ditafsirkan sebagai berpura-pura sedang menyetir mobil. Shiggy juga membentuk simbol cinta dengan tangannya ketika terdapat lirik “Kiki, do you love me?”.

Dalam Kiki Challenge, yang merekam biasanya adalah pengemudi, sementara yang menari adalah penumpangnya.

Akan tetapi, challenge ini dinilai membahayakan pengemudi di jalan raya. Hal ini disampaikan Instruktur Senior Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Mira Keumala Safri. Mira mengingatkan bahwa jalan raya bukanlah area bermain bagi siapa pun karena banyak objek-objek yang bergerak seperti kendaraan, hewan, sepeda bahkan gerobak.


Momo Challenge

Tren Momo Challenge ini sangat rentan menimpa anak dan para remaja. Sebab mereka sedang memasuki masa peralihan dan tak lagi tunduk dan taat atas otoritas orang tua. Perkembangan anak dalam masa ini cenderung didominasi teman dan lingkungan.

Permainan Momo Challenge dimulai ketika seseorang ditantang untuk menulis pesan melalui WhatsApp ke sebuah nomor tak dikenal dengan nama Momo.

Selanjutnya administrator nomor itu akan mengirimkan pesan dan gambar-gambar yang mengancam. Ia juga akan menyuruh pengirim pesan untuk melaksanakan tugas tertentu, jika tidak dilakukan, maka pengirim akan terus diteror dengan berbagai ancaman.

Challenge ini juga dinilai berbahaya, karena dilaporkan sejumlah anak meninggal bunuh diri dan diduga ada kaitannya dengan Momo Challenge.


30 Hari Bercerita

Tagar #30HariBercerita juga menjadi viral di jagat maya, khususnya di Instagram, di mana orang-orang akan mengunggah foto dengan caption panjang dan tidak lupa menggunakan tagar #30HariBercerita.

Inti postingan tersebut adalah bercerita selama 30 hari dan mempostingnya di Instagram disertai foto sebagai penunjang cerita tersebut. Dan tren ini mulai menjamur di kalangan selebgram ternama di Indonesia.

Tidak hanya selebgram, pengguna instagram lainnya juga mulai mengikuti tren ini, seperti yang diunggah di laman Deskgram.net, di mana terdapat kumpulan postingan orang-orang pengguna instagram yang menggunakan tagar #30HariBercerita.

Jenis ceritanya macam-macam, mulai pengalaman sederhana, cerita masa kecil, pencapaian-pencapaian selama ini, bahkan berpuisi, dan lain sebagainya.

Seberapa Greget Challenge

Tren seberapa greget lo atau seberapa greget challenge belakangan memang sedang ramai dibicarakan warganet di Instagram.

Tren ini berupa sebuah pertanyaan “Seberapa gregetnya elo?” kepada seseorang yang kemudian akan dijawab oleh orang lainnya dengan jawaban yang lucu dengan tujuan untuk membuat yang menengarnya tertawa.

Seberapa greget challenge ini biasanya dibawakan oleh selebgram komedi, atau komedian, dan mulai diikuti oleh pengguna instagram lainnya.

Bahkan, jika kita mencari tagar #Seberapagreget di kolom pencarian instagram, terdapat lebih dari 35 ribu postingan yang memuat challenge ini.


Baca juga artikel terkait 10 YEAR CHALLENGE atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Gaya Hidup)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight