Cara Buat Foto 10 Years Challenge di Instagram dan Twitter

Oleh: Ibnu Azis - 16 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
PicsArt satu dari sekian aplikasi gratis yang bisa dimanfaatkan untuk cara bikin foto #10YearChallenge di media sosial.
tirto.id - Foto dengan tagar #10YearChallenge saat ini sedang ramai di Twitter dan Instagram. Di Twitter, tagar #10YearChallenge bahkan trending nomor 1 di Indonesia pada Rabu (16/1/2019) siang, yang ditwitkan lebih dari 56 ribu kali. Lantas, bagaimana cara buat foto 10 Years Challenge di dua media sosial itu?

#10YearChallenge menurut laman Standard.co.uk merupakan sebuah tantangan sekaligus permainan menyenangkan untuk membandingkan usia saat ini dengan 10 tahun yang lalu. Dari perbandingan itu akan dicari perubahan yang signifikan atau justru tidak ada sama sekali.

Tidak ada syarat khusus untuk mengikuti tantangan ini. Pengguna hanya tinggal mengunggah foto dalam bentuk kolase atau berjejer dua berdampingan, satu foto saat ini dan satunya foto 10 tahun lalu. Apabila merujuk dari "aturan" ini, maka foto yang diunggah, yakni foto pada tahun 2009 dan 2019.

Setelah menyiapkan dua foto itu dan menatanya sedemikian rupa, tinggal diunggah ke Twitter atau Instagram dengan menyematkan tagar #10YearChallenge.


Berikut ini cara buat foto 10 Years Challenge, yang dicontohkan dengan menggunakan satu aplikasi gratis di Google Play Store, PicsArt.

  • Siapkan dua foto (2009 dan 2019) untuk tantangan #10YearChallenge ini
  • Buka aplikasi PicsArt dan tap tombol plus (+) yang letaknya di bagian tengah bawah
  • Pilih Grids di menu Collages dan pilih dua foto yang sudah disiapkan tadi, lalu tap tanda panah di pojok kanan untuk melanjutkan
  • Berikutnya, akan ditampilkan menu rasio, layout, efek, dan lainnya. Atur suka-suka sesuai kebutuhan
  • Selanjutnya, tersedia menu untuk menambahkan teks. Tulis "2009" untuk foto sebelah kiri, dan "2019" untuk foto sebelah kanan. Sematkan teks itu di foto terpilih
  • Jika semua sudah dirasa pas, maka tap tombol panah di bagian kanan atas kemudian tap Save
  • Selesai, cari foto tersebut di galeri ponsel dan bagikan atau diunggah ke Instagram maupun Twitter dengan tagar #10YearChallenge

Kendati sekadar tantangan atau hanya aksi bersenang-senang di media sosial, #10YearChallenge secara tak langsung ingin mengatakan, penuaan bukan hal yang buruk.

Karena usia hanya sekadar angka dan tak seorang pun berhak mendefinisikan orang lain berdasarkan usia, demikian dikutip dari Bustle.com.


Baca juga artikel terkait MEDIA SOSIAL atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis