Radovic Tinggalkan Persib Sementara untuk Kursus Lisensi UEFA Pro

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Januari 2019
Miljan Radovic akan meninggalkan Persib sepekan ke depan karena mengikuti kursus lisensi UEFA Pro.
tirto.id - Pelatih Miljan Radovic langsung pulang ke negaranya Montenegro selepas memimpin latihan perdana Persib Bandung di Sport Jabar Arcamanik, Senin (14/1/2019). Namun, kepergian Radovic dari skuat hanya bersifat sementara.

Alasan Radovic pulang adalah persiapan untuk mengikuti program pelatihan lisensi UEFA Pro. Saat ini lisensi yang dimiliki Radovic (UEFA A) sebenarnya sudah memenuhi kriteria untuk memimpin Persib.

Hanya saja, langkah mencari lisensi Pro dilakukan Radovic untuk berjaga-jaga. Apalagi pada 2020 mendatang AFC selaku induk sepak bola Asia telah mensyaratkan lisensi UEFA Pro sebagai syarat memimpin tim. Artinya, jika memang ingin tampil di kompetisi level asia pada tahun depan, setidaknya Radovic perlu mempersiapkan bekal sejak dini.

"Berdasarkan hal tersebut, pelatih berusia 43 tahun ini pun memutuskan untuk menuntaskannya. Menurut rencana, Radovic akan berada di Montenegro untuk mengurusi kursus selama sepekan ke depan," tulis pihak Persib lewat pengumuman di laman resmi klub.


Untuk sementara, sepeninggal Radovic, Persib akan dilatih sementara oleh dua orang asisten pelatih, satu pelatih fisik, dan pelatih kiper. Radovic sendiri dijadwalkan pergi tidak lama, lantaran 22 Januari diperkirakan sudah tiba di Bandung lagi.

"Karena itu, latihan tim Maung Bandung akan dipimpin sementara oleh duet asisten pelatih, Dejan Miljanic dan Budiman serta pelatih fisik Yaya Sunarya dan juga pelatih kiper Gatot Prasetyo," sambung manajemen Persib.

Usai memimpin sesi latihan perdana, Radovic sendiri menyatakan jika ia puas dengan kondisi fisik para pemainnya. Ia lega para pemain bisa menjaga berat badan selama melalui masa liburan.
Karena kondisi fisik yang baik pula, Radovic langsung menerapkan menu latihan dengan bola.

"Latihan hari ini program biasa. Kalau latihan, saya memang suka dengan bola. Saya tidak suka kalau berlatih tidak menggunakan bola. Sekali lagi saya senang dengan kerja keras pemain," kata Radovic.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live