Putra Sulung Ridwan Kamil Masih dalam Pencarian Tim SAR Swiss

Reporter: Farid Nurhakim - 27 Mei 2022 18:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz masih dalam pencarian oleh Tim SAR dan polisi Swiss.
tirto.id - Putra pertama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril dikabarkan hilang ketika berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss kemarin siang, Kamis (26/5/2022) waktu setempat.

Hingga kini, Eril masih dalam pencarian tim Search And Rescue (SAR) dan polisi Swiss sejak kemarin sampai hari ini, Jumat (27/5/2022).

“Putra Pertama Gubernur Jabar Ridwan Kamil Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril mengalami musibah di Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022) siang hari waktu Swiss. Kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Hari ini, Jumat (27/5/2022) pencarian kembali dilanjutkan,” kata perwakilan keluarga, Elpi Nazmuzaman dalam keterangan persnya di Gedung Sate, Kota Bandung, Provinsi Jabar, Jumat (27/5/2022) lewat keterangan tertulis.

Elpi menerangkan, kemarin polisi kota Bern telah mengerahkan tim SAR yang terdiri dari unsur polisi sungai, ambulans, dan pemadam kebakaran di Bern untuk menyisir seluruh area potensial (all possible spots) sepanjang Sungai Aare dari pukul 10.00-15.00 waktu Swiss.

Kepolisian Swiss beserta tim SAR juga akan melanjutkan proses pencarian dengan jangkauan yang lebih luas hari ini mulai pukul 09.00 waktu Swiss sampai selesai.

Saat kejadian berlangsung, keluarga Ridwan Kamil atau Kang Emil, sapaan akrabnya, sedang berada di Swiss dalam rangka survei universitas untuk Eril. Rencananya Eril akan melanjutkan studi program magister (S2) di negara tersebut.

Ridwan Kamil mendapat kabar mengenai hilang kontaknya Eril dari keluarga pada Kamis (26/5/2022) pukul 11.00 waktu Swiss di tengah kunjungannya ke Inggris. Seusai menyelesaikan tiga agenda terakhir di Inggris pada hari itu, ia langsung bertolak menuju Swiss. Pukul 01.00 waktu Swiss hari ini ia sudah tiba dan sudah berkumpul dengan keluarga.

Sementara itu, Elpi menyebut sejak menerima laporan hilang kontaknya Emmeril, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern telah berkoordinasi erat dengan Kepolisian Swiss, layanan saluran darurat (emergency line) Swiss, serta rumah-sakit rumah sakit terdekat di Kota Bern.

Perkembangan lebih lanjut, katanya, akan disampaikan secara berkala sesuai perkembangan otoritas setempat.

Pihaknya lantas mengajak masyarakat untuk mendoakan Emmeril agar segera ditemukan dalam keadaan sehat.

“Kami atas nama Pemda [Pemerintah Daerah] Provinsi Jawa Barat sangat berharap dan mengajak masyarakat semua untuk berdoa agar Kang Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat wal’afiat. Terima kasih kepada Pemerintah Kota Bern, Kepolisian Bern, serta KBRI Bern atas segala bantuan dan upaya yang telah dilakukan,” ujar Elpi.


Baca juga artikel terkait GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL atau tulisan menarik lainnya Farid Nurhakim
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Farid Nurhakim
Penulis: Farid Nurhakim
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight