Menuju konten utama

PUPR Targetkan Tol Krian-Manyar akan Beroperasi Akhir 2019

Pemerintah melalui Kementerian PUPR menargetkan akan menyelesaikan pembangun Jalan Tol Krian-Manyar di Provinsi Jawa Timur dan beroperasi pada akhir 2019.

PUPR Targetkan Tol Krian-Manyar akan Beroperasi Akhir 2019
Presiden Joko Widodo menaiki mobil listrik Ezzy II milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember saat peresmian Jalan Tol Surabaya-Mojokerto seksi IB, seksi II, dan seksi III di gerbang Tol Warugunung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/12/2017). ANTARA FOTO/Umarul Faruq.

tirto.id -

Pemerintah melalui Kementerian PUPR menargetkan akan menyelesaikan pembangun Jalan Tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar (KLBM) di Provinsi Jawa Timur sepanjang 38,29 Km.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga akhir Mei 2019, progres konstruksi pembangunan jalan tol tersebut telah mencapai 70,24%.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, pada akhir tahun 2019 ditargetkan seksi 1-3 jalan tol tersebut yakni dari Krian-Bunder sudah rampung dan beroperasi.

Kemudian menyusul Seksi 4 Bunder-Manyar (9,39 km) yang akan beroperasi pada tahun 2020.

Kehadiran jalan tol tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kepadatan lalu lintas di wilayah sekitarnya, terutama memperlancar distribusi yang dapat mengurangi biaya logistik secara ekonomis.

"Dari keempat seksi tersebut, seksi 2 ruas Kademean Mengganti-Boboh 13,53 Km dan seksi 3 ruas Boboh – Bunder 6,02 Km menjadi yang paling tinggi progres konstruksinya dengan progres masing-masing 81,64 persen dan sebesar 84,89 persen sehingga ditargetkan dapat beroperasi pada Agustus 2019," jelas dia di Jakarta, Kamis malam (21/6/2019).

Sedangkan untuk seksi 1 ruas Krian – Kademean Mengganti 9,45 Km saat ini progres konstruksinya sebesar 67,06 persen dan ditargetkan beroperasi pada Desember 2019.

"Pembangunan jalan tol non Trans Jawa dilaksanakan oleh PT Waskita Bumi Wira sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tersebut," ujar dia.

Sebagai informasi, konstruksi dilakukan sejak semester I 2017 setelah dilakukan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada Desember 2016 lalu dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Total biaya investasi pembangunannya sebesar Rp12,22 triliun, dengan alokasi untuk biaya konstruksi Rp8,4 triliun.

Jalan Tol KLBM merupakan jalan tol yang menghubungkan antar kawasan industri utama di wilayah penyangga utama Kota Surabaya, yaitu Sidoarjo dan Gresik.

Selain itu, akan mengurangi kemacetan di jalan tol Surabaya – Gempol, mendukung mobilitas kendaraan logistik pada sekitar kawasan Pelabuhan di Jawa Timur dan mempermudah akses ke daerah wisata di wilayah Jawa Timur.

BPJT Kementerian PUPR menargetkan hingga Desember 2019 realisasi pengoperasian jalan tol di seluruh Indonesia akan mencapai sepanjang 1.852 Km. Pada periode tahun 2015 hingga Mei 2019 untuk jalan tol yang sudah beroperasi saat ini yaitu sepanjang 985 Km.

Baca juga artikel terkait JALAN TOL atau tulisan lainnya dari Selfie Miftahul Jannah

tirto.id - Ekonomi
Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri