Natal 2017

Puncak Misa Natal di Katedral Diprediksi Dihadiri 10 Ribu Jemaat

Reporter: Hendra Friana, tirto.id - 25 Des 2017 12:39 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kapasitas gereja yang hanya bisa menampung 1.400 orang tidak sebanding dengan jumlah jemaat yang datang ke Katedral untuk menghadiri misa dan perayaan Natal setiap tahunnya.
tirto.id - Puncak perayaan Natal di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, diperkirakan akan dihadiri lebih dari 10 ribu Jemaat. Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie mengatakan, sudah ada lebih dari 8000 jemaat yang hadir dalam pelaksanaan misa pontifikal dan misa keluarga sejak 07.00 WIB pagi tadi.

Misa pagi hingga siang itu masing-masing dipimpin oleh Romo Joannes Marayana (pukul 07.00 WIB), Romo Alexius Andang Listya Binawan (pukul 09.00 WIB), dan Romo Christoforus Kristiono Puspo (pukul 11.00 WIB).

Sementara pada perayaan misa kemarin malam, Sabtu (24/12/2017), ada lebih dari 15.000 jemaat yang hadir bergantian pada pukul 17.00, 20.00, dan 22.00 WIB. "Puncaknya hingga sore nanti mungkin bisa sampai 10 ribu lebih," jelas Susyana.


Menurut Susyana, kapasitas gereja yang hanya bisa menampung 1.400 orang memang tidak sebanding dengan jumlah jemaat yang datang ke Katedral untuk menjalankan misa dan perayaan Natal setiap tahunnya.

Meskipun pihak gereja sudah menyiapkan ratusan kursi dan tenda, tak jarang jemaat harus berdiri dan berdesak-desakan. Sebagai antisipasi, tahun ini pengurus Katedral memberlakukan sistem pendaftaran online. Para jemaat harus mendaftar terlebih dulu di laman resmi Katedral yang telah dibuka sejak awal Desember 2017 lalu.

"Ini berangkat dari keprihatinan Romo melihat umat yang datang ke gereja sangat kurang manusiawi karena berdesak-desakan dan ada juga yang jatuh lalu kekurangan oksigen, Sehingga dirasa bagaimana caranya bisa mendahulukan umat dan memperoleh kenyamanan," papar Susyana.

Berdasarkan pantauan Tirto.id di lokasi, sejak pukul 07.00 WIB, para jemaat sudah memenuhi gereja dan duduk di kursi-kursi bawah tenda yang disediakan panitia. Saat misa keluarga dimulai pukul 11.00 WIB, sebagian jemaat terlihat meninggalkan gereja, namun jumlahnya tak sebanding dengan jamaat baru yang berdatangan.

Tak ayal, beberapa di antaranya yang tak kedapatan kursi harus berdiri untuk sementara. Jadwal Ibadah sendiri masih berlangsung dan akan ditutup dengan acara puncak yang dimulai pukul 17.00 WIB nanti.

Baca juga artikel terkait HARI RAYA NATAL 2017 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight