Puan Temui Muhaimin-Airlangga, Gabung Koalisi Pendukung Ganjar?

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 27 Jul 2023 11:20 WIB
Dibaca Normal 1 menit
PDIP berharap PKB dan Golkar bisa menjadi rekan koalisi dan membangun kerjasama politik untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.
tirto.id - Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani akan melakukan kunjungan safari politik ke kediaman Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di hari yang sama pada Kamis (27/7/2023).

Kunjungan safari politik ke kediaman Muhaimin akan dilaksanakan sekitar pukul 12.00 WIB. Sedangkan pertemuan Puan dengan Airlangga sekitar pukul 15.00 WIB.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengungkapkan bahwa kunjungan Puan ke dua ketua umum partai dalam rangka melanjutkan komunikasi yang sebelumnya telah dilakukan di Harlah PKB ke 25 tanggal 23 Juli 2023 lalu.

Said menyebut bahwa PDIP berharap PKB dan Golkar bisa menjadi rekan koalisi dan membangun kerjasama politik untuk kepentingan Pemilu 2024 dan ikut mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres.

"Saat Mbak Puan hadir di Harlah PKB, beliau menyebutkan bahwa Gus Muhaimin dan Bapak Airlangga merupakan sosok penting bahkan sangat penting untuk menopang kerja sama memperkuat dan memenangkan Ganjar Pranowo," kata Said Abdullah dalam keterangan tertulis.

Dirinya berharap pengalaman PKB dan Golkar bersama PDIP di dalam kabinet selama 10 tahun dapat dilanjutkan di Pemilu yang akan datang. Menurutnya, selama ini dua partai tersebut tidak pernah memiliki masalah apapun dengan PDIP.

"Kami bersama Golkar dan PKB selama hampir 10 tahun ini telah bersama sama didalam pemerintahan dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Sejauh ini hubungan kami selama di pemerintahan, nyaman, sangat baik, dan saling memahami posisi masing masing," terangnya.

PDIP yang memiliki akar konstituen nasionalis bersama Golkar diharapkan dapat bisa berkolaborasi dengan PKB yang memiliki ideologi santri. Sehingga dia menjamin apabila kerjasama politik ini dilakukan maka akar rumput juga ikut mendukung.

"Sehingga hubungannya sudah seperti keluarga sendiri, ada bonding batin yang terbentuk," ujarnya.

Said menjamin dari kunjungan ke kediaman pribadi Muhaimin dan Airlangga akan menghasilkan suatu kesepakatan bersama.

"Pertemuan Mbak Puan dengan Bapak Airlangga dan Gus Muhaimin nanti optimis dapat melahirkan kesepakatan penting, meskipun tidak semua kesepakatan itu nantinya bisa kami sampaikan seluruhnya kepada publik," ungkapnya.


Baca juga artikel terkait PERTEMUAN PUAN-MUHAIMIN atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Reja Hidayat

DarkLight