Puan Telah Tentukan Tugas untuk Empat Wakil Ketua DPR

Oleh: Bayu Septianto - 8 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Koordinator bidang Polkam dijabat Azis Syamsudin, Koordinator bidang Keuangan dan Ekonomi dijabat Sufmi Dasco Ahmad, Koordinator bidang Industri dan Pembangunan dijabat Rahmat Gobel dan Koordinator bidang Kesra dijabat Cak Imin.
tirto.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani telah selesai menentukan tugas-tugas kepada empat wakilnya.

Ada empat tugas yang akan dipegang empat wakil ketua DPR, masing-masing yakni Koordinator bidang Politik dan Keamanan akan dijabat Azis Syamsudin, Koordinator bidang Keuangan dan Ekonomi akan dijabat Sufmi Dasco Ahmad, Koordinator bidang Industri dan Pembangunan dijabat Rahmat Gobel dan Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat dijabat Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Kami sudah dilantik beberapa waktu lalu dan kami sudah melaksanakan satu keputusan tentang pembidangan yang akan dipikul dan jadi tanggung jawab kami. Saya sudah berikan tupoksi pada empat wakil ketua yang ada," ujar Puan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2019).

Puan berjanji akan selalu mengedepankan gotong royong dan musyawarah mufakat dalam setiap pengambilan keputusan. Ia juga berjanji akan membuat kinerja lembaga DPR semakin baik.

"Itu komitmen kami dulu," kata Puan.


Puan juga berjanji akan berupaya memperjuangkan aspirasi masyarakat dengan lebih baik. Ia pun merasa banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukannya dan 575 anggota DPR lain. Namun ia menjamin segala dinamika politik akan dijalani dengan tetap menjaga keharmonisan.

"Perbedaan dalam kebijakan politik adalah hal biasa tapi jangan sampai gotong royong itu tercerai-berai karena kepentingan kelompok," jelas Puan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad ikhlas dengan posisi yang ia dapatkan yakni Wakil Ketua DPR Bidang Ekonomi dan Keuangan. Ia tak masalah tak mendapatkan posisi Koordinator Bidang Politik dan Keamanan, yang justru didapat Azis Syamsudin dari Fraksi Partai Golkar.

Menurut Dasco, Azis memang berhak mendapatkan jabatan tersebut karena Golkar merupakan pemenang kedua Pemilu 2019 setelah PDIP. Golkar diberikan haknya untuk memilih posisi apa yang akan dijalani oleh Azis nantinya.

"Golkar sebagai pemenang kedua mendapatkan hak untuk memilih prioritas kedua, yaitu wakil bidang Polkam. Ya [saya] musti rela karena ini demokrasi," jelas Dasco.


Baca juga artikel terkait KETUA DPR atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight