PSI Ungguli Berkarya di TPS Tempat Tommy Soeharto Nyoblos

Oleh: Husein Abdulsalam - 17 April 2019
Perolehan suara PSI untuk pemilihan anggota DPR RI mengungguli Partai Berkarya di TPS tempat Tommy Soeharto mencoblos.
tirto.id - Proses penghitungan surat suara pemilihan Anggota DPR RI di TPS 02 Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat selesai pada 19.50 WIB, Rabu (17/4/2019).

Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) hari ini mencoblos di TPS yang terletak di Jalan Cendana, kawasan kediaman keluarga mantan Presiden Soeharto, tersebut.

Namun, Berkarya justru mendapat suara minim untuk pemilihan anggota DPR RI di TPS tersebut.

Suara yang didapat Berkarya untuk pemilihan anggota DPR RI bahkan lebih kecil daripada sesama pendatang baru di Pemilu 2019, Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Jumlah suara sah untuk pemilihan anggota DPR RI di TPS ini sebanyak 217. Berkarya merebut 39 suara. Sedangkan PSI memperoleh 40 suara.

Berdasarkan perolehan suara itu, PSI menduduki peringkat kedua, sementara Berkarya di peringkat ketiga. Adapun suara terbanyak diraih PDIP (49 suara).

Di TPS 008 tempat Presiden Joko Widodo mencoblos, yang berlokasi di pelataran Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jalan Veteran No. 10 Gambir Jakarta Pusat, PSI juga meraih suara signifikan.

Di TPS itu, PDIP menempati posisi teratas dengan 30 suara. Perolehan suara PDIP ini beda tipis dengan PSI yang meraih 28 suara. Di bawah dua partai itu, Gerindra memperoleh 15 suara dan PKS mendapatkan 14 suara.



Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Husein Abdulsalam
(tirto.id - Politik)

Reporter: Husein Abdulsalam
Penulis: Husein Abdulsalam
Editor: Addi M Idhom