PDIP dan PSI Dominasi Suara Pileg DPR RI di TPS Jokowi

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 17 April 2019
Perolehan PDIP mencapai 30 suara beda tipis dengan PSI yang mencapai 28 suara.
tirto.id - PDIP menempati posisi teratas pada perolehan suara di TPS 008 tempat Presiden Joko Widodo menggunakan hak suaranya di pelataran Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jalan Veteran No. 10 Gambir Jakarta Pusat. PDIP memperoleh 30 suara.

Perolehan suara PDIP ini beda tipis dengan PSI yang mencapai 28 suara. Di bawah mereka berdua, Partai Gerindra memperoleh 15 suara, PKS memperoleh 14 suara.

Lalu PAN memperoleh 8 suara disusul Partai Golkar memperoleh 7 suara dan Perindo dengan 6 suara. Partai Demokrat, Nasdem, dan Partai Berkarya hanya memperoleh 4 suara. Mereka disusul PKB dengan 2 suara. Sisanya PKPI, Hanura, dan PBB tidak memperoleh suara.

Jumlah rekapitulasi ini merupakan hasil perolehan dari 125 suara sah dengan 2 di antarnya tidak sah. Karena itu terdapat 127 milih dari 203 total DPT.

Perhitungan suara Pileg DPR RI 2019 ini dipimpin langsung oleh Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Hamdi Basjar.

Pada tahun 2014 lalu, di TPS 27, Taman Suropati tempat Jokowi menggunakan hak pilihnya pada pileg lalu, PDIP meraup suara hampir 50 persen atau setara dengan 125 suara.

Di bawahnya, Partai Gerindra memperoleh 31 suara, Partai Golkar dengan 21 suara, Partai Demokrat dengan 15 suara, dan disusul Partai Hanura dengan 15 suara. Sisanya 9 suara dinyatakan tidak sah.

Jumlah itu diperoleh melalui proses rekapitulasi yang melibatkan 278 orang dari total 430 nama yang terdaftar dalam DPT.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight