PSI: Realisasi Rumah DP Rp0 di Bawah 2 Persen Jelang Anies Lengser

Reporter: Riyan Setiawan, tirto.id - 19 Agu 2022 12:51 WIB
Dibaca Normal 1 menit
PSI menyebut realisasi program rumah DP Rp0 masih jauh dari target janji kampanye Anies Baswedan saat Pilgub Jakarta 2017.
tirto.id - Sekretaris Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta, August Hamonangan mengatakan realisasi program rumah DP Rp0 (nol rupiah) oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan masih jauh dari target janji kampanyenya saat Pilgub Jakarta 2017.

August menyebut Anies baru meresmikan 3.060 unit atau di bawah 2 persen dari target 300.000 unit rumah DP Rp0 jelang masa jabatannya berakhir.

"Dari angkanya saja, jauh sekali dari target yang ingin dicapai. Belum lagi syarat untuk mendapatkan rumah DP Rp0, sulit dicapai warga jakarta karena syarat nilai batas atas penghasilan yang begitu tinggi," kata August melalui keterangan tertulis, Jumat (19/8/2022).

Anies mengklaim pada 2018-2022 membangun 33 tower rusunawa yang menghasilkan 7.419 unit. Sebagian unit yang dibangun melalui program DP Rp0.

August mengkritisi pernyataan Anies yang mengatakan bahwa rumah DP Rp0 hanya salah satu dari program hunian di Jakarta. Bahkan, tambah dia, Anies mengklaim program rumah lainnya telah berhasil dilakukan.

"Pak Anies lupa bahwa rumah DP Rp0 itu merupakan janji kampanyenya dari dulu dan itu yang digaung-gaungkannya," ucap Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta itu.

August juga mengomentari soal minimnya fasilitas umum di rusunawa yang telah berdiri. Ia mengklaim telah melakukan sidak di Rusunawa Penggilingan, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

"Sudah berkali-kali kami ingatkan untuk melengkapi fasilitas umum di Rusunawa. Supaya penghuni mudah mengakses perolehan air bersih, rumah/ruang ibadah yang layak bagi semua agama dan kepercayaan, pemberian kesempatan yang sama bagi semua warga DKI khususnya yangg berpenghasilan rendah, juga fasilitas bagi difabel," kata dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan 33 tower yang terdiri dari 7.421 unit Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Jakarta. Anies mengerjakan pemukiman tersebut sebagai bentuk janji politiknya pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017 lalu.

Hal tersebut dikatakan di hadapan warga saat melakukan peresmian 33 tower Rusunawa secara simbolis di Rusunawa Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (18/8/2022).

"Bapak ibu sekalian, ini semua kami kerjakan kenapa? Karena kami memiliki janji politik. Janji politik itu adalah mengembangkan, memfasilitasi, menyiapkan fasilitas rumah susun, termasuk Rusunawa, dan memiliki akses yang setara," kata Anies.


Baca juga artikel terkait RUMAH DP NOL RUPIAH atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight