PSI Minta Uji Kelayakan untuk Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

Reporter: Riyan Setiawan, tirto.id - 1 Sep 2022 10:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Penjabat Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan akan menduduki posisi itu dalam waktu cukup lama. Oleh karenanya, penting untuk dilakukan uji kelayakan.
tirto.id - Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia DPRD DKI, Anggara Wicitra Sastroamidjojo meminta agar dilakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada Penjabat Gubernur Jakarta untuk menggantikan Anies Baswedan.

Pasalnya, masa jabatan Anies akan berakhir pada 16 Oktober 2022. Oleh karena itu, PSI meminta penentuan Penjabat Gubernur harus dilakukan secara transparan dan hati-hati.

"Pertama kita harus menyadari Pj Gubernur nanti punya masa jabatan yang lumayan lama bukan hanya hitungan bulan, jadi penentuan siapa yang akan menjabat harus selektif. Saya rasa perlu ada semacam panitia seleksi yang menjalankan fit and proper test dari Kemendagri," kata Ara melalui keterangan tertulisnya, Kamis (1/9/2022).

Anggota Komisi E ini menilai, keterbukaan tentang siapa yang dinominasikan dan apa pertimbangan pemilihannya harus dibuat setransparan mungkin. Publik ingin sosok yang kompeten dan bisa menjalankan pemerintahan dengan baik.

"Selain itu, juga harus bersih, kita tentu tak ingin ada kasus korupsi dalam masa jabatan ini. Kriteria-kriteria ini hanya didapatkan dari proses pemilihan yang transparan dan akuntabel," ucapnya.

Ara berharap Penjabat Gubernur DKI nanti dapat memiliki sebuah terobosan yang progresif dari Mendagri Tito Karnavian terkait hal ini.

"Saya memahami secara aturan penunjukan merupakan hak prerogatif pemerintah pusat, namun kami harap ada langkah progresif untuk menjaga nilai demokrasi dan kualitas pemerintahan," pungkasnya.

Sejauh ini terdapat tiga kandidat kuat yang menjadi calon penjabat Gubernur DKI Jakarta, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, dan Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro.

Mendagri Tito Karnavian menyebut ada enam calon Penjabat Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan. Keenam nama tersebut diusulkan dua pihak; tiga dari DPRD DKI dan tiga dari Kemendagri.

Nama-nama yang diusulkan akan dipertimbangkan oleh tim penilai akhir yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.


Baca juga artikel terkait PENJABAT GUBERNUR DKI atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight