PSI Berpeluang Dukung Ganjar-Mahfud MD di Pilpres 2024

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama, tirto.id - 20 Okt 2023 10:43 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ketua DPP PSI Cheryl Tanzil mengatakan pihaknya memiliki peluang mendukung pasangan capres-cawapres dari PDIP Ganjar Pranowo-Mahfud MD
tirto.id - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dinahkodai Kaesang Pangarep hingga kini masih belum menentukan sikap untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) hingga saat ini. PSI baru akan menentukan sikap usai menyerap aspirasi dari akar rumput.

Ketua DPP PSI Cheryl Tanzil mengatakan pihaknya memiliki peluang mendukung pasangan capres-cawapres dari PDIP Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang saat ini sudah mendaftar secara resmi ke KPU pada Kamis (19/10/2023).

"Kemungkinan tentunya ada [dukung Ganjar-Mahfud], tapi kami lebih concern pada aspirasi basis konstituen PSI," kata Cheryl kepada reporter Tirto, Jumat (20/10/2023).

Cheryl mengatakan Ketum mereka, Kaesang saat ini terus melakukan blusukan ke berbagai wilayah guna menyerap aspirasi. Aspirasi dari akar rumput nantinya menjadi pertimbangan untuk menentukan sikap arah dukungan Pilpres 2024.

"Ketum masih terus blusukan ke berbagai wilayah. Itu salah satunya untuk menangkap aspirasi akar rumput PSI lebih mau ke arah mana," ucap Cheryl.

Ketika disinggung preferensi PSI lebih condong ke arah mana, Cheryl menjawab tak pasti. Tiga nama yang maju pada kontestasi Pilpres 2024, di antaranya Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dari Koalisi PDIP. Dua pasangan ini telah resmi mendaftar sebagai capres-cawapres di KPU pada Kamis (19/10/2023).

Adapun bakal capres dari dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto masih belum mendaftar di KPU secara resmi. Sebab, hingga kini masih belum mendeklarasikan cawapres.

"Tunggu saja dalam waktu dekat kita akan ambil keputusan dan rilis," tutur Cheryl Tanzil.

Kaesang dan jajaran sendiri terus melakukan sowan ke partai politik. Teranyar, PSI sowan ke DPP Partai Golkar, Kamis kemarin.

Ketum Golkar Airlangga Hartarto optimistis PSI akan merapat ke KIM dan mendukung Prabowo Subianto.

Airlangga mengatakan, pertemuan tersebut hanya silaturahmi politik antara Golkar dan PSI. Dia mengaku kedua partai membahas soal kerja sama pileg, pilpres dan pilkada. Ia pun berkelakar Golkar sudah menjadi brother party PSI sejak lama, apalagi saat ini dipimpin Kaesang.

"Dalam kerja sama tentu nanti terkait dengan pileg ke depan tentu ada pembentukan fraksi, partai golkar juga menawarkan sebelumnya kita membentuk sister party karena waktu itu Mbak Grace [Grace Natalie], tapi karena sekarang sudah Mas Kaesang maka menjadi brother party," kata Airlangga.

Sementara itu, Kaesang mengaku pertemuan lebih banyak mengenalkan kader Golkar di bawah umur 40 tahun. Dia juga mengaku pertemuan berjalan hangat dan penuh bercanda.

Putra bungsu Presiden Jokowi itu juga mengaku masih memikirkan PSI bakal merapat ke KIM atau tidak. Kaesang malah berkelakar akan mengambil cuti sebagai Ketua Umum PSI agar bisa melakoni siaran siniar atau podcast.

"Ya kita lihat saja nanti, tapi balik lagi, besok kebetulan saya satu hari full cuti buat podcast saya, itu saja. Nonton, ya," kata Kaesang.



Baca juga artikel terkait KAESANG KETUM PSI atau tulisan menarik lainnya Fransiskus Adryanto Pratama
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama
Penulis: Fransiskus Adryanto Pratama
Editor: Reja Hidayat

DarkLight