Proyek Jalan Tol & Bandara IKN Nusantara Dikebut demi Investasi

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 21 Sep 2023 18:30 WIB
Jokowi yakin pembangunan tol dan bandara akan berdampak besar bagi IKN Nusantara, yaitu bisa menarik investor.
tirto.id - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah segera merampungkan berbagai pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara guna menarik investor.

Jokowi mengatakan usai membangun Bendungan Sepaku yang akan menjadi dasar penyediaan kebutuhan air, target selanjutnya yaitu membangun jalan tol dari Balikpapan ke IKN Nusantara demi mempercepat akses.

"Kalau kita sekarang dari Balikpapan menuju nusantara itu memakan waktu 1,5 jam sampai 2 jam sehingga juga telah dimulai pembangunan jalan tol Balikpapan ke Nusantara yang jauh lebih singkat nanti kurang lebih 30 menit dari Balikpapan menuju Nusantara," kata Jokowi usai peletakan batu pertama Hotel Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023).

Jokowi menargetkan pembangunan jalan tol bisa selesai pada pertengahan 2024.

Selain jalan tol, Jokowi juga memastikan pemerintah akan membangun bandara. Ia mengatakan waktu tempuh bandara ke pusat kota hanya 15 menit.

"Kira-kira 15 menit dari bandara menuju ke sini dan kita harapkan di Juli maksimal awal Agustus [2024] itu sudah bisa diselesaikan," kata Jokowi.

Jokowi yakin pembangunan tol dan bandara akan berdampak besar bagi IKN Nusantara, yaitu bisa menarik investor berinvestasi di ibu kota negara yang baru tersebut.

"Kalau dua ini selesai, saya rasa akan semakin banyak yang akan datang. Saya yakin itu," katanya.



Baca juga artikel terkait IKN NUSANTARA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight