Prosedur dan Biaya Melakukan Medical Check Up di Rumah Sakit

Oleh: Yonada Nancy - 25 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah prosedur dan biaya melakukan medical check up di sejumlah rumah sakit di Jakarta.
tirto.id - Melakukan medical check up atau tes kesehatan secara teratur dapat membantu menemukan permasalahan dalam tubuh sebelum ada gejala terlihat.

Medical check up juga dapat membantu menemukan masalah sejak dini, dan memberi peluang untuk perawatan dan penyembuhan yang lebih baik.

Bisa dibilang melakukan tes kesehatan sejak dini dapat memberikan kesempatan untuk hidup lebih sehat.

Selain untuk pemeriksaan kesehatan secara rutin, di Indonesia medical check up biasa dilakukan sebelum masuk ke sebuah perusahaan, instansi, atau sebelum pernikahan.

Dilansir dari US National Library of Medicine National Institutes of Health, medical check up merupakan serangkaian pemeriksaan kesehatan yang melalui beberapa tes untuk mengetahui permasalahan-permasalahan apa saja yang ada dalam tubuh seseorang dan seberapa besar seseorang membutuhkan perawatan.

Ada beberapa faktor penting yang memengaruhi seberapa besar seseorang membutuhkan perawatan kesehatan seperti usia, riwayat kesehatan dan keluarga, serta pilihan gaya hidup seperti pilihan makan, seberapa aktif kegiatan, kebiasaan merokok.

Ada beberapa pelayanan deteksi yang populer untuk di periksa dalam medical check up.

Dilansir dari CDC, ada beberapa deteksi tersebut adala deteksi dini pada kanker payudara dan serviks, kolesterol, tekanan darah tinggi, kesehatan mulut dan gigi, pemeriksaan kanker prostat, test HIV / AIDS, dan ada tidaknya risiko terkena virus hepatitis.

Prosedur

Secara umum medical check up akan melalui beberapa prosedur seperti pemeriksaan riwayat penyakit dan riwayat keluarga. Hal ini penting dilakukan untuk mendeteksi risiko apa saja yang mungkin diturunkan.

Selain itu akan ada pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah ada gejala-gejala tertentu yang bisa terlihat dari kondisi fisik. Pada prosedur ini pasien akan diperiksa secara teliti oleh dokter yang bertugas.

Lalu, pemeriksaan tanda-tanda vital juga diperlukan untuk mengetahui frekuensi denyut jantung, tekanan darah, suhu tubuh, dan sebagainya.

Terakhir, pemeriksaan laboratorium, untuk mengukur kadar gula, kolesterol, dan permasalahan-permasalahan lain dalam tubuh.

Dalam prosedur ini memerlukan pengambilan sampel darah, urin, ataupun feses. Biasanya dalam prosedur ini pasien akan diminta untuk berpuasa dalam rentang waktu tertentu.

Biaya

Biaya untuk melakukan medical check up bervariasi ditentukan dari seberapa banyak rangkaian test yang akan dilakukan, instansi mana yang ditunjuk untuk melakukan proserdur, serta fasilitas yang ditawarkan.

Rentan biaya untuk medical check up di rumah sakit (RS) berkisar antara Rp350.000 hingga Rp10.000.000.

Untuk di RS Carolous Jakarta , layanan medical check up berkisar antara Rp675.000 – Rp915.000.

Lalu, untuk di RS Premier Bintaro, berkisar antara Rp450.000 – Rp10.000.000.

Sementara, di RS Siloam Jakarta, berkisar antara Rp255.000 – Rp8.290.000.

Namun, tidak hanya dilakukan di rumah sakit, medical check up juga bisa dilakukan di klinik-klinik yang menyediakan layanan laboratorium dengan kisaran harga Rp300.000 – Rp5.000.000.

Pilihan biaya-biaya tersebut tentunya akan lebih ringan jika anda memiliki asuransi kesehatan yang mendukung.


Baca juga artikel terkait MEDICAL CHECK UP atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight