Projo Ungkap 3 Faktor Penentu Arah Dukungan Capres 2024

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama, tirto.id - 13 Okt 2023 12:04 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tiga faktor penting dalam Pilpres 2024, ada Jokowi, relawan projo dan pilihan cawapres
tirto.id - Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Presiden (Bapilpres) Projo Panel Barus mengatakan, ada tiga variabel atau faktor penting yang akan menjadi pertimbangan relawan Projo untuk menentukan sikap dalam Pilpres 2024.

Pertama, kata Panel, daya dorong, daya ungkit, dan elektabilitas figur cawapres itu sendiri menjadi pertimbangan. Pasalnya elektabilitas para kandidat calon presiden sangat dekat sehingga tak ada perubahan yang besar ke depan, kecuali ada hal yang luar biasa.

“Jadi faktor atau variabel cawapres itu sangat penting,” kata Panel di Kawasan Jakarta Pusat, Kamis (12/10/2023).

Kedua, kata dia, tentu yang tidak kalah pentingnya adalah faktor Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pasalnya tingkat kepercayaan publik terhadap Jokowi sangat tinggi menjelang akhir masa jabatan. Oleh karena itu Jokowi menjadi faktor kunci dalam pemilu tahun depan.

Panel menambahkan, faktor ketiga adalah arah dukungan relawan Jokowi pada Pemilu 2024. Hal ini, lanjutnya, ada keterkaitan dengan variabel kedua.

“Jadi ada juga variabel penting dalam Pilpres 2024, ada variabel Jokowi, ada relawannya dan ada faktor pilihan cawapresnya," ucap Panel.

Panel mengakui Pemilu 2024 merupakan milik anak muda. Dia menyebut ada 52 persen pemilih adalah milenial dan generasi Z. Karena itu, lanjut dia, dalam pragmatisme pemilu tentu keterwakilan politik anak muda untuk meraih kemenangan menjadi penting.

"[Sehingga] nama Mas Gibran akhirnya begitu mencuat karena ada faktor tadi. Ya tentu tidak mungkin semua setuju, tapi variabel keterwakilan anak muda ini kemudian punya daya dorong, daya uji tersendiri dalam elektoral besok. Itu yang tentu akan dikalkulasi secara rigid. Karena dalam pemilu pasti semua pengennya bertarung untuk menang, kan, begitu," tukas Panel.

Diketahui, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Relawan Projo digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada 14-15 Oktober 2023 mendatang. Acara itu akan dihadiri Presiden Jokowi dan bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto.

Sekretaris Jenderal Relawan Projo Handoko mengatakan, selain Prabowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang santer diisukan menjadi pendamping Ketum Gerindra itu turut hadir.

"Ya tentu tokoh-tokoh diundang termasuk Pak Prabowo. Rencananya juga hadir. Insyaallah hadir juga Mas Gibran insyaallah hadir juga mas Kaesang [Ketum PSI], kita undang semuanya. Mudah-mudahan mereka hadir dan sehat walafiat bisa hadir di acara, sehingga acara berlangsung dengan sukses," kata Handoko di Kawasan Jakarta Pusat, Kamis (12/10/2023).

Handoko mengatakan nama Prabowo memang diusulkan untuk didukung Projo. Hal itu berdasar keputusan Rakerda-rakerda Projo. Meski demikian, semua hal itu sifatnya usulan, sehingga perlu didiskusikan dalam Rakernas mendatang.

"Artinya semua dari Rakerda-rakerda tadi sifatnya usulan. Suara itu akan dibawa ke Rakernas dan tentu saja ada arahan yang pasti akan menjadi dasar utama, jadi basis tadi dari yang disampaikan Panel yaitu arahan dari Pak Jokowi," ucap Handoko.




Baca juga artikel terkait PROJO DUKUNG PRABOWO atau tulisan menarik lainnya Fransiskus Adryanto Pratama
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama
Penulis: Fransiskus Adryanto Pratama
Editor: Reja Hidayat

DarkLight