Profil Nancy Ajram: Penyanyi Lagu Ya Tabtab Wa Dalla

Oleh: Rachma Dania - 8 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Nancy Ajram adalah penyanyi wanita asal Lebanon yang populer di Timur Tengah.
tirto.id - Nisa Sabyan bersama bandnya Sabyan Gambus baru-baru ini tengah menjadi perbincangan karena penampilannya di salah satu TV Nasional. Dalam acara Syair Ramadhan dirinya menyanyikan lagu "Ya Tabtab Wa Dalla" yang ternyata bukan lagu religi, melainkan lagu asmara perempuan yang marah kepada kekasihnya.

Lagu tersebut dipopulerkan oleh Nancy Ajram, salah satu penyanyi wanita asal Lebanon. Siapa dia?

Dalam perjalanan kariernya, Nancy telah menjual sekitar 12 juta kopi albumnya di Arab, hal ini menjadikannya salah seorang penyanyi terkaya di Lebanon. Ajram lahir pada 16 Mei 1983 di Achrafieh dengan latar belakang keluarganya yang beragama Kristen Ortodok. Ia sudah bernyanyi semenjak umur delapan tahun dengan mengambil bagian dalam kontes menyanyi anak-anak pada dua stasiun TV yang terkenal di Arab, LBC dan TeleLiban.

Pada umur 12 tahun pada 1995 Nancy Ajram turut ikut dalam variety show, Noujoum Al-Moustakbal (Bintang Masa Depan) yakni kontes pencarian bakat di Lebanon. Ia memenangkan medali emas dalam kategori Tarab setelah menyanyikan lagu dari Ummu Kultsum.

Ketika usia 15 tahun, ia merilis album pertamanya dengan judul Mihtagalak (Aku butuh kamu) pada tahun 1998. Kemudian album keduanya rilis pada tahun 2001 yang berjudul Sheel Oyoonak Anni (Berhentilah Menatapku).

Dilansir dari thefamouspeople.com, lagunya yang berjudul "Akhasmak Ah" dan "Ya Salam" pada album studio ketiganya memperoleh banyak popularitas di Arab. Meskipun Video Musik "Akhasmak Ah" menyebabkan banyak kontroversi di negara tersebut karena Nancy yang berperan sebagai manager kafe yang kemudian menggoda pelanggan dengan menari.


Tahun 2003, ia merilis album studio keempatnya Ah W Noss, yang memperkuat status ikon pop-nya di Timur Tengah. Album kelimanya berjudul Ya Tabtab dengan single utama "Ya Tabtab Wa Dalla" dirilis pada 15 Februari 2006. Ya Tabtab dianggap sebagai album terbaik Nancy hingga saat dengan pencapaian enam video musik dirilis, delapan hit radio, dan lima lagu yang digunakan untuk iklan.

Pada tahun 2008 dirinya merilis album Bitfakkar Fi Eih yang menampilkan vokal yang matang dan ia juga memenangkan World Music Award pertamanya sebagai Artis Timur Tengah terlaris.

September 2008 dirinya menikah dengan Dr. Fadi Hachem setelah hubungan tiga tahun, pernikahannya dihadiri terutama oleh teman dekat dan keluarga. Nancy melanjutkan pekerjaannya selama kehamilan, di mana ia memfilmkan Lamset Eid dan iklan Sony Ericsson pertamanya.

Pada tanggal 16 Mei 2009, Nancy melahirkan anak pertamanya, seorang anak perempuan bernama Mila. Nancy merilis sebuah lagu untuk putrinya, "Ya Rab Tekbar Mila" (Saya Berdoa agar Mila Tumbuh) di hari yang sama.

Pada Oktober 2010, sebulan setelah rilis album studio ketujuh, Nancy mengumumkan bahwa ia hamil empat bulan untuk anak keduanya. Selama periode itu ia telah memfilmkan video clip "Sheikh El Shabab" dan "Ya Kether" secara berturut-turut untuk dirilis selama masa kehamilannya. Nancy kemudian melahirkan anak keduanya pada 23 April 2011 yang dinamai Ella.

Menjadi penyanyi, Pada Oktober 2009 ia juga dipilih menjadi Regional Goodwill Ambassador UNICEF melalui kantor regional UNICEF Middle East and North Africa (MENA).

Ia masih berkarya hingga saat ini dengan merilis album terbarunya El Omr dan single utamanya yang berjudul "El Omr" pada 19 April 2020.

Nancy Ajram merupakan penyanyi dengan segudang prestasi dan mendapat sambutannya secara umum positif. Akan tetapi, selama berkarier ia juga menghadapi kritik karena digambarkan sebagai simbol seks di Arab.


Baca juga artikel terkait SABYAN atau tulisan menarik lainnya Rachma Dania
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Rachma Dania
Penulis: Rachma Dania
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight