Bursa Transfer Pemain

Profil Miralem Pjanic: Rekrutan Anyar Barcelona dari Juventus

Oleh: Permadi Suntama - 30 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Transfer Miralem Pjanic ke Barcelona dari Juventus telah diresmikan dan akan mulai pindah klub musim depan.
tirto.id - Transfer Miralem Pjanic ke Barcelona dari Juventus telah diresmikan. Kehadiran Pjanic akan menambah opsi profil sosok gelandang berpengalaman di lini tengah El Blaugrana mulai La Liga Spanyol musim depan.

Miralem Pjanic didatangkan Barcelona dengan nilai transfer 60 juta euro. Pemain Timnas Bosnia-Herzegovina ini bergabung dengan El Barca lewat kesepakatan transfer dengan Arthur Melo yang pindah ke Juventus sebesar 72 juta euro.

Musim ini, Miralem Pjanic telah tampil sebanyak 35 pertandingan di ajang resmi dan mencetak 3 gol. Sejak bergabung dengan Juventus pada musim panas 2016, ia mencatatkan 116 laga dan turut membantu Bianconeri memenangi tiga scudetto Liga Italia Serie A beruntun dalam 3 musim terakhir.

Miralem Pjanic berpeluang menambah trofinya jika mampu memenangi gelar Serie A musim ini bersama Juventus. Gelandang berusia 30 tahun ini masih akan berada di Turin hingga akhir musim 2019/2020.

Profil Miralem Pjanic

Miralem Pjanic lahir tanggal 2 April 1990 di Tuzla, kota yang saat ini termasuk wilayah negara Bosnia-Herzegovina atau yang dulu masih berada di bawah naungan Yugoslavia.

Namun, Miralem Pjanic tumbuh di Luksemburg akibat perang yang terjadi di negaranya. Di negara yang memberi Pjanic dan keluarganya suaka itu, karier sepakbolanya dimulai.

Klub semi profesional FC Schifflange yang berkompetisi di Liga Luxemburg adalah klub pertama Miralem Pjanic. Pada 2004, ia dilirik pemandu bakat FC Metz, dan bergabung di akademi klub asal Perancis tersebut.

Setelah tiga musim di akademi Metz, Miralem Pjanic mendapat kesempatan melakukan debut bersama skuad utama di Liga Perancis pada 2007/2008 dengan ia tampil sebanyak 35 kali.

Klub mapan Ligue 1, Olympique Lyonais, tertarik setelah melihat aksi Miralem Pjanic bersama Metz. Pjanic pun direkrut saat berusia 18 tahun dengan mahar 7,5 juta euro. Ia langsung mendapat tempat reguler di Lyon.

AS Roma memboyong Miralem Pjanic ke Liga Italia Serie A pada musim 2011/2012. Pjanic selalu tampil bagus dan menjadi bagian penting dari lini tengah Il Lupi.


Masa Jaya di Juventus

Sekian lama membela AS Roma, gelar juara tak kunjung didapat. Hingga pada 13 Juni 2016, Miralem Pjanic bergabung dengan Juventus dengan nilai kontrak mencapai 32 juta euro.

Bersama Bianconeri, Miralem Pjanic meraih scudetto dalam tiga musim beruntun. Selain itu, ia juga membantu Juventus memenangi 2 gelar Coppa Italia dan 1 trofi Supercoppa Italiana atau Piala Super Italia.

Musim 2019/2020 ini akan menjadi musim terakhir Miralem Pjanic bersama Juventus. Musim depan, ia akan menjajal La Liga Spanyol bareng Barcelona.

Miralem Pjanic masih berpeluang menambah koleksi trofinya bersama Juventus musim ini. La Vecchia Signora punya kans untuk meraih scudetto lagi, juga masih tampil di Liga Champions.

Melalui akun twitter pribadinya, Miralem Pjanic, mengunggah video perpisahan kepada tifosi Juventus. Ia masih punya waktu untuk kembali mempersembahkan gelar juara bagi tim kebanggaan warga Turin.

"Saya datang ke Juventus empat tahun lalu dan mencoba memenangkan semuanya. Meski kenyataannya saya tidak bisa [kurang gelar Liga Champions]. Sekarang kita punya sedikit waktu untuk menang atau kalah sampai akhir musim," kata Miralem Pjanic.

Baca juga artikel terkait MIRALEM PJANIC atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight