Bursa Transfer Pemain

Profil Arthur Melo: Pemain Baru Juventus dari Barcelona

Oleh: Beni Jo - 30 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Transfer Arthur Melo ke Juventus dari Barcelona sudah diresmikan.
tirto.id - Arthur Melo dipastikan bakal memperkuat Juventus musim depan setelah terjadi kesepakatan transfer dengan Barcelona. Gelandang muda Brasil ini menyatakan siap memberikan segalanya bagi El Blaugrana sebelum meninggalkan Camp Nou.

"Barcelona dan Juventus telah mencapai kesepakatan untuk proses transfer Arthur Melo. Klub Italia itu membayar 72 juta euro, ditambah 10 juta euro dalam variabel," bunyi pernyataan resmi dari situs web Barcelona, Senin (29/6/2020).

Gelandang 23 tahun ini siap memberikan segalanya untuk Barca sampai akhir kompetisi La Liga Spanyol 2019/2020 sebelum hijrah ke Turin, markas Juventus, untuk berkiprah di Liga Italia Serie A.

"Saya masih fokus pada penampilan sekarang. Kami memiliki target penting bersama Barcelona dan saya siap memberikan segalanya sampai akhir musim, persembahan untuk rekan tim dan semua fans," cuit Arthur Melo via akun Twitter pribadi.

Pemilik nama lengkap Arthur Henrique Ramos de Oliveira Melo ini baru dua musim terakhir memperkuat Barcelona. Ia didatangkan dari klub Brasil, Gremio, pada 11 Maret 2018 lalu.

Dikutip dari laman Transfermarkt, Barca menebus sang pemain dengan biaya 30 juta euro. Arthur Melo pergi dari skuad asuhan Quique Setién ke Juventus dengan mahar menjualnya kembali dengan harga dua kali lipat lebih.

Selain itu, menurut laporan Marca, Barca juga bakal menerima tambahan dana segar senilai 12 juta euro. Proses pindahnya Arthur ini juga tidak terlepas dari kesepakatan transfer Miralem Pjanic dari Juventus ke Barcelona.

Gelandang asal Bosnia-Herzegovina itu dihargai dengan nilai 60 juta euro plus 5 juta euro dalam variabel pada proses transaksi. Kesepakatan ini berdampak terhadap keseimbangan kondisi finansial Barca sebelum tenggat waktu pada 30 Juni 2020.


Profil Arthur Melo

Arthur Henrique Ramos de Oliveira Melo lahir di Goiania, Brasil, tanggal 12 Agustus 1996.

Pengalaman sepak bola Arthur dimulai di klub kampung halamannya yakni Goiás pada usia 12 tahun. Ia pindah ke akademi Gremio pada 2010 setelah terlibat dalam suatu turnamen sepak bola remaja.

Januari 2015, Arthur Melo dipromosikan ke skuad senior Gremio yang saat itu dibesut oleh Luiz Felipe Scolari. Tiga tahun membela Gremio dengan tampil di 35 pertandingan, Barcelona lantas memboyongnya pada 2018.

Selama memperkuat Barcelona, Arthur Melo menjadi salah satu andalan untuk lini tengah. Buktinya, pemain dengan nomor punggung 8 itu mencatatkan jumlah penampilan di atas 20 laga di tiap musim La Liga Spanyol.

Total, peraih gelar Copa America 2019 bersama Timnas Brasil itu dipercaya dalam 72 pertandingan di semua ajang dan melesakkan 4 gol. Catatan ini bisa bertambah karena kompetisi belum usai.

Pengemas 20 caps bareng tim Samba ini turut mengantarkan Barcelona merengkuh dua piala dalam dua musim, yakni gelar juara La Liga 2018/2019 dan trofi Piala Super Spanyol 2018 lalu.

Baca juga artikel terkait ARTHUR MELO atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight