Bursa Transfer Pemain

Bursa Transfer: Barcelona Resmi Lepas Arthur Melo ke Juventus

Oleh: Iswara N Raditya - 30 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Barcelona resmi melepas Arthur Melo ke Juventus dengan nilai transfer pemain mencapai 72 juta euro atau sekitar Rp1,16 triliun.
tirto.id - Barcelona resmi melepas Arthur Melo ke Juventus dengan nilai transfer pemain mencapai 72 juta euro atau sekitar Rp1,16 triliun, ditambah 10 juta euro dalam bentuk bonus. Gelandang muda Timnas Brasil berusia 23 tahun ini akan mulai memperkuat Bianconeri di Liga Italia Serie A musim depan.

“FC Barcelona dan Juventus FC telah mencapai kesepakatan untuk transfer pemain Arthur Melo, demikian pengumuman resmi dari website klub Barcelona, Senin (30/6/2020) waktu setempat atau Selasa (30/6/2020) dini hari WIB.

"Klub Italia akan membayar 72 juta euro, ditambah 10 juta euro dalam variabel. Pemain [Arthur] akan tetap di Barcelona sampai akhir kompetisi musim 2019/2020,” imbuh pernyataan resmi Barcelona.

Kabar bahwa Arthur Melo akan dilego Barcelona ke Juventus telah santer terdengar dalam beberapa waktu terakhir, termasuk dengan transfer susulan Miralem Pjanic ke Blaugrana yang memang diumumkan tak lama berselang.

Arthur Melo sendiri telah memberikan konfirmasi terkait kepindahannya dari La Liga Spanyol ke Italia untuk bergabung dengan La Vecchia Signora. Hal tersebut diungkapkan sang pemain melalui akun Twitter-nya.

“Terima kasih atas minat yang besar dari @juventusfc. Saya tahu, saya akan menjadi anggota klub besar; banyak tantangan sudah menunggu untuk diatasi bersama dengan Bianconeri,” cuit Arthur Melo beberapa saat setelah transfernya ke Juventus diumumkan Barcelona.

“Sekarang fokus untuk sekarang. Kami punya gol-gol penting di Barcelona dan saya akan terus memberikan segalanya untuk rekan tim dan semua fans,” lanjut mantan pemain klub Brasil, Gremio, ini.


Melepas Gelandang Masa Depan

Barcelona mendaratkan Arthur Melo dari Gremio pada 2018 silam dengan tebusan sebesar 31 juta euro. Pemilik 20 caps bersama Timnas Brasil ini semula digadang-gadang bisa menjadi penerus Xavi Hernandez atau Andres Iniesta di lini tengah Barcelona.

Arthur Melo menjalani perannya dengan cukup baik selama di Barcelona. Di musim debutnya, ia memainkan 27 laga La Liga selama 1.440 menit dengan mencatatkan 93% umpan tepat sasaran dari percobaan 1.302 umpan. Arthur juga mengirim 139 umpan ke daerah sepertiga akhir lawan dan mencetak satu assist.

Di Laliga musim 2019/2020, Arthur Melo bermain di 21 pertandingan. Sedangkan musim ini, ia tampil 14 kali sebagai starter dan bermain sebanyak 1.185 menit, serta mencetak tiga gol dan tiga assist.

Arthur Melo sebenarnya juga diminati oleh rival Juventus di Serie A, Inter Milan, dan menjadi bagian dalam proses transfer Lautaro Martinez yang amat diminati oleh Barcelona.

Namun, Arthur Melo saat itu menolak pindah ke La Beneamata dengan alasan masih kerasan di Camp Nou kendati akhirnya justru mendarat di Turin.

Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER PEMAIN atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight