Presiden Jokowi Bakal Hadir di Acara Hakordia 2023

Reporter: Muhammad Naufal, tirto.id - 8 Des 2023 21:24 WIB
Presiden Jokowi bakal hadir pada peringatan Hari Anti-korupsi (Hakordia) 2023, Selasa (12/12/2023)-Kamis (13/12/2023) di Istora Senayan, Jakarta.
tirto.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menggelar peringatan Hari Anti-korupsi (Hakordia) 2023 pada Selasa (12/12/2023)-Kamis (13/12/2023) di Istora Senayan, Jakarta. Hakordia 2023 mengusung tema "Sinergi Berantas Korupsi untuk Indonesia Maju".

Plt. Deputi Informasi dan Data yang juga Ketua Panitia Hakordia 2023, Eko Marjono, menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal hadir. Hal itu pun sudah dikonfirmasi langsung dari pihak Sekretariat Kepresidenan.

"Kami sudah dapat konfirmasi dari Sekretariat Kepresidenan bahwa Presiden RI Pak Joko Widodo bakal hadir dalam acara ini. Tentu saja sangat menggembirakan di tengah kondisi kita seperti sekarang ini," kata Eko di Gedung KPK, Jumat (8/12/2023).

Untuk diketahui, dikutip dari laman KPK, Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 9 Desember. Ditetapkan PBB sejak tahun 2003, Hakordia telah menyatukan pandangan negara-negara korupsi merupakan musuh bersama karena dampak buruk yang ditimbulkannya.

Melalui Hakordia, negara-negara ingin menunjukkan peran dan tanggung jawabnya dalam upaya pemberantasan korupsi yang telah menjadi kejahatan yang luar biasa. Di Indonesia, KPK menggelar peringatan Hakordia dengan sosialisasi, kampanye, dan penyadaran bahaya akan korupsi kepada masyarakat melalui berbagai program dan acara menarik.

Dengan tema Hakordia tahun ini: “Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju”, KPK ingin melibatkan peran serta masyarakat dan partisipasi publik untuk meningkatkan kesadaran dalam memberantas korupsi, sehingga masyarakat dapat menjadi aktor utama dengan terus menumbuhkan inisiatif dan rasa kepemilikan masyarakat dalam pemberantasan korupsi.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk ikut memeriahkan peringatan ini dengan hadir dalam peringatan Hakordia di Senayan, Jakarta, dari 2-13 Desember 2023 yang akan datang, yaitu hari Selasa dan Rabu," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.




Baca juga artikel terkait PRESIDEN JOKOWI BAKAL HADIR DI HARKODIA atau tulisan menarik lainnya Muhammad Naufal
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Muhammad Naufal
Penulis: Muhammad Naufal
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight