Liga Inggris 2019/2020

Premier League 2020: Skuad Burnley & Watford Terjangkit COVID-19

Oleh: Permadi Suntama - 20 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Burnley dan Watford merilis kabar bahwa skuad mereka ada yang terjangkit virus COVID-19 jelang restart Premier League 2020.
tirto.id - Premier League mengumumkan enam pemain dan staf klub Liga Inggris positif COVID-19 pada Selasa (19/5/2020). Tak lama setelah itu, Burnley dan Watford merilis kabar bahwa skuad mereka ada yang terjangkit virus Corona.

Burnley mengungkapkan bahwa salah satu dari enam orang tersebut adalah asisten pelatih mereka, Ian Woan. Sementara Watford, menyebut satu pemain dan dua stafnya dinyatakan positif COVID-19.

Dilansir dari BBC, dari total 748 pemain dan staf klub di Premier League, terdapat enam orang yang dinyatakan positif COVID-19, dan kemungkinan bisa bertambah karena Norwich City belum mengumumkan hasil tes pemain dan staf mereka.

Kendati sudah dinyatakan positif terinfeksi COVID-19, Burnley menyebut Ian Woan, akan tetap membantu tim pelatih secara virtual. Untuk sementara, Woan akan diisolasi selama tujuh hari.

"Dia akan tetap berkomunikasi dengan anggota tim mengenai peran yang dia lakukan dalam pelatihan. Dia akan segera kembali setelah dinyatakan bersih dari virus Corona," bunyi pernyataan Burnley, dikutip dari BBC.

Internal Watford Terbelah

Sementara itu, Watford mengumumkan bahwa seorang pemain dan dua stafnya positif COVID-19, beberapa saat setelah Burnley. Namun, manajemen The Hornets memilih untuk tidak mengungkapkan identitas mereka.

Situasi ini menyebabkan para pemain Watford terpecah menjadi dua kubu. Pertama, kelompok yang menolak latihan tim dengan dimotori oleh kapten tim Troy Deeney, dan kelompok kedua adalah mereka yang tetap menjalankan instruksi klub.

"Kami diminta kembali berlatih pekan ini, dan saya sudah katakan tidak akan melakukannya. Hanya perlu satu orang yang positif COVID-19 di dalam tim untuk membuat semua pemain terinfeksi," kata Deeney.

Menanggapi polemik ini, Nigel Pearson selaku pelatih Watford tak akan memaksa pemainnya untuk berlatih. Ia memahami perasaan mereka dan mempersilakan apabila ada pemain yang masih enggan bergabung.


Klub-klub Liga Inggris sebelumnya telah sepakat untuk menggelar sisa musim 2019/2020 mulai 12 Juni 2020. Untuk melakukan persiapan melanjutkan musim ini, setiap klub diizinkan melakukan latihan mulai Selasa (19/5/2020) dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sebelum melakukan latihan, setiap pemain dan staf lebih dulu melakukan tes COVID-19 untuk memastikan mereka bebas dari virus. Setiap klub diberi kuota 40 tes untuk pemain dan staf yang pengadaanya disubsidi oleh operator liga.

Jika hasil tesnya sudah keluar setiap tim diizinkan menggelar latihan, maksimal 75 menit untuk setiap pemain berada di tempat terbuka.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight