Liga Inggris: Ada 6 Kasus Positif COVID-19 di 3 Klub Premier League

Oleh: Permadi Suntama - 20 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tiga klub Premier League melaporkan 6 kasus positif COVID-19 saat Liga Inggris 2019/2020 bakal lanjut pada Juni mendatang.
tirto.id - Tiga klub Premier League melaporkan 6 kasus positif COVID-19 saat Liga Inggris 2019/2020 bakal lanjut pada Juni mendatang. Hal itu diketahui setelah seluruh tim melakukan tes Corona sebelum menggelar latihan bersama yang dimulai pada Selasa (19/5/2020).

"Premier League mengonfirmasi bahwa 748 pemain dan staf telah menjalani tes COVID-19 pada hari Minggu dan Senin. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6 orang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona," demikian pernyataan dari otoritas Premier League, dikutip Antara dari AFP.

Namun, pihak Premier League tidak menyebutkan siapa nama pemain yang terinfeksi COVID-19 dan asal klubnya. Kendati begitu, dipastikan pihak yang bersangkutan telah diisolasi dan melakukan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah Inggris.

Sedangkan menurut laporan BBC, salah satu staf yang dinyatakan positif COVID-19 adalah asisten pelatih Burnley, Ian Woan. Melalui pernyataan resmi klub, pelatih 52 tahun itu disebut tidak menunjukkan gejala infeksi sebelum dinyatakan positif dalam tes yang dilakukan pada Minggu (17/5/2020).

"Ian Woan tidak menunjukkan gejala terinfeksi COVID-19. Ia akan melakukan isolasi selama 7 hari untuk kemudian diizinkan kembali bergabung dengan klub, jika hasilnya sudah negatif," tulis pernyataan Burnley, dikutip dari BBC.


Masih Berpotensi Bertambah

Selain Ian Woan, para pemain dan staf klub-klub Liga Inggris yang dinyatakan positif COVID-19 bakal menjalani isolasi selama 7 hari. Setelah itu, mereka akan kembali kembali melakukan tes.

Jika masih dinyatakan positif, maka diwajibkan terus lakukan isolasi mandiri sampai 14 hari. Namun, jika setelah tujuh hari sudah dinyatakan negatif COVID-19, hanya akan dilakukan pemulihan sebelum diizinkan kembali bergabung dengan timnya.

Sementara itu, jumlah pemain dan staf yang terinfeksi COVID-19 masih bisa bertambah karena belum semua tim melakukan tes. Norwich City baru menjadwalkan tes kepada para pemain dan stafnya pada Selasa (19/5/2020) waktu setempat, dan hasilnya masih belum keluar.

Setiap klub di Liga Inggris diizinkan untuk melakukan 40 kali tes COVID-19 untuk para staf dan pemainnya dalam sehari. Sementara hasilnya akan segera diketahui sehari setelahnya.

Klub-klub Liga Inggris telah melakukan latihan rutin secara serentak mulai Selasa (19/5/2020) dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Mereka juga sepakat untuk melanjutkan sisa pertandingan Liga Inggris 2019/2020 mulai bulan Juni.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight