La Liga Spanyol 2019/2020

Prediksi Valencia vs Athletic Bilbao: Incar Rekor 40 Tahun Silam

Oleh: Beni Jo - 30 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Duel Valencia vs Athletic Bilbao dalam pekan 33 La Liga Spanyol 2019/2020.
tirto.id - Duel Valencia vs Athletic Bilbao dalam pekan 33 La Liga Spanyol 2019/2020 diselenggarakan Kamis (2/7/2020) pukul 00.30 WIB di Stadion Mestalla. Laga nanti menjadi asa Valencia demi menyamai rekor yang pernah diukir 40 tahun silam.

Dani Parejo dan kawan-kawan tidak pernah menelan kekalahan kandang selama La Liga musim ini. Dari 16 laga, Los Che mencatatkan 9 kali menang dan 7 hasil imbang. Valencia meraih 34 poin dan berada di posisi 8 klasemen sementara La Liga Spanyol 2019/2020.

Kini, Valencia berpotensi menyamai catatan yang diraih 40 tahun silam. Kurang satu laga lagi, mereka bakal menorehkan rekor yang sempat diukir pada La Liga Spanyol 1979/1980, yakni tidak terkalahkan dalam 17 laga kandang di liga.

"Tim bertekad meraih tiga poin. Meskipun baru saja menelan dua hasil negatif, namun ada kesempatan untuk menyamai rekor kandang yang bersejarah.

"Tak terkalahkan sepanjang musim di Mestalla selama gelaran LaLiga, Valencia hanya butuh satu pertandingan lagi agar menjadi tim yang tidak terkalahkan di kandang selama satu musim," tulis Los Che, dikutip laman resmi, Senin (29/6).

Valencia baru saja memecat Albert Celades dari kursi pelatih. Di bawah besutan juru taktik anyar, Voro González, hasil imbang atau kemenangan atas Bilbao demi menyamai rekor bisa menjadi prestasi tersendiri.

Bilbao Percaya Diri

Di sisi lain, Athletic Bilbao dalam kondisi cukup meyakinkan dalam lawatannya ini. Sejak kembalinya Liga Spanyol 2019/2020, ‎Inaki Williams dan kawan-kawan menang 2 kali, imbang 2 kali, dan hanya sekali tersentuh kekalahan.

Los Leones kalah dari Barcelona di Camp Nou serta sempat merepotkan tuan rumah. Alhasil, Lionel Messi dan kawan-kawan hanya menang tipis 1-0.

Artinya, klub polesan Gaizka Garitano yang juga memburu tiket menuju kompetisi Eropa berpotensi mampu memberikan ancaman bagi tuan rumah yang sedang mengincar rekor tak terkalahkan di Mestalla.

"Kami harus mengakhiri musim ini dengan kerja keras. Jika Anda ingin mendapatkan posisi itu (lolos kompetisi Eropa), Anda harus berada di atas tim yang sangat kuat," beber Garitano, dilansir laman resmi klub.

"Untuk melakukannya, Anda harus mengalahkan mereka. Kami akan menghadapi pertandingan yang sulit, pertandingan melawan tim yang benar-benar ingin kami kalahkan," tambahnya.


Prediksi Jalannya Laga

Duel yang seimbang bisa saja terjadi pada laga ini. Menurut Whoscored, kedua klub menorehkan rata-rata penguasaan bola yang hampir sama selama tampil dalam La Liga Spanyol 2019/2020. Valencia mencatatkan angka 49 persen berbanding 48,9 persen milik Athletic Bilbao.

Meskipun demikian, tuan rumah patut waspada terhadap calon lawan. Dengan rerata tembakan per laga sebanyak 10,8 kali, barisan lini depan tim tamu siap mengancam dan kini sudah mengoleksi 36 gol.

Sedangkan Los Che sendiri hanya melepaskan 8,8 kali tembakan tiap laga. Namun, lebih produktif untuk menghasilkan gol, yakni 41 kali.

Untuk urusan lini belakang, Los Leones lebih sedikit kebobolan. Gawang Unai Simon baru terkoyak 28 kali. Sementara Valencia yang lebih banyak mengandalkan Jasper Cillesen sudah jebol 46 gol.

Perkiraan Susunan Pemain

Valencia (4-4-2): Jasper Cillesen; Jose Gaya, Gabriel Paulista, Hugo Guillamon, Alessando Florenzi; Goncalo Guedes, Carlos Soler, Francis Coquelin, Daniel Parejo; Kevin Gameiro, Rodrigo Moreno.

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Unai Simon; Inigo Martinez, Yeray Alvarez, Ander Capa, Yuri Berchiche; Dani Garcia, Unai Lopez; Iker Muniain, Oihan Sancet, Inaki Williams; Raul Garcia.

Baca juga artikel terkait LA LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight