Three Gorges Bank Cup 2019

Prediksi Timnas Indonesia U23 vs China: Tes Awal Jelang SEA Games

Oleh: Wan Faizal - 10 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Timnas Indonesia U23 vs China di CFA International Football Tournament 2019: Garuda bisa kesulitan melawan tuan rumah.
tirto.id - Timnas Indonesia U23 akan memulai aksinya di Turnamen China Chongqing Three Gorges Bank Cup International Football 2019 melawan Cina U23 di Wuhan Sports Centre, Jumat (11/10/2019) pukul 18.35 WIB. Laga ini berguna bagi pasukan Indra Sjafri dalam masa persiapan menuju SEA Games 2019.

Selain tuan rumah Cina, ada juga Yordania dan Arab Saudi yang ikut serta dalam turnamen mini ini. Melihat komposisi lawan yang ada, pengalaman ini tidak boleh dibuang percuma oleh Garuda Muda.

Kekuatan tiga peserta lain memang bisa dikatakan masih ada di atas skuad asuhan Indra Sjafri. Apalagi selama ini timnas sering kesulitan ketika bertemu dengan negara asal Timur Tengah. Berbagai kesulitan yang akan didapat di tiga pertandingan uji coba nanti bisa membentuk mental bertanding yang lebih kuat ketika berlaga di turnamen sesungguhnya.

“Pastinya turnamen ini akan sangat berguna untuk pengalaman kami. Memang nanti di SEA Games kita tidak akan bertemu lawan-lawan selain dari Asia Tenggara, namun berhadapan dengan tim-tim tangguh seperti itu akan sangat membantu kami,” kata gelandang Syahrian Abimanyu.

Sementara itu Indra Sjafri menegaskan, timnya tidak akan main-main di tiga pertandingan nanti. Memang ada beberapa pemain baru di dalam timnya, namun itu dijadikan momentum untuk membentuk skuad yang tangguh guna meraih prestasi terbaik di Filipina nanti.




Jelang pertandingan kontra Cina, persiapan utama yang dilakukan sang pelatih adalah membenahi cara bermain tim asuhannya. Terutama dalam urusan menyerang dan bertahan yang selama ini memang menjadi masalah klasik Indonesia di berbagai level umur.

“Menu wajib latihan kami terfokus pada taktik menyerang dan bertahan guna menghadapi turnamen di Cina nanti. Soal kondisi kebugaran saya tidak meragukannya lagi karena para pemain sudah terjaga kondisinya bersama klub masing-masing,” tegas Indra.

Sementara itu Cina sudah memulai perjalanannya di turnamen ini dengan kemenangan atas Yordania. Skor 2-0 menjadi kemenangan bagi tuan rumah berkat dua gol Zhang Yuning pada Rabu (9/10/2019).

Kondisi Tim Terkini

Akan menarik melihat susunan pemain yang akan diturunkan pelatih Indra Sjafri di pertandingan nanti. Beberapa nama anyar di dalam skuad berpotensi diturunkan seperti Tegar Infantrie, Rendy Oscario, dan Irkham Zahrul Milla serta bek Alex Van Dijn yang bermain di Liga 2 bersama Persik Kediri.

Sementara itu, Cina diperkirakan akan merotasi susunan pemain utamanya saat melawan Indonesia di laga nanti. Dengan skuad merata, Cina tentu bisa mempertimbangkan untuk memberikan peluang main bagi pemain lain tanpa mengurangi kualitas permainan mereka.

Perkiraan Susunan Pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika; Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Gian Zola; Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Muhammad Rafli

Cina: Chen Wei; Tong Lei, Jiang Shenglong, Li Yang, Wei Zhen; Zhao Jinfei, Huang Cong, Hu Jinghang; Chen Binbin, Lin Liangming, Zhang Yuning

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight