Liga Champions

Prediksi Porto vs Liverpool di UCL: Misi Berat Tuan Rumah

Oleh: Permadi Suntama - 15 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kendati tumbang 0-2 di Anfield, Telles optimistis Porto mampu membalikkan keadaan saat menjamu Liverpool dalam laga leg kedua perempat final Liga Champions.
tirto.id - Alex Telles optimistis Porto mampu membalikkan keadaan saat menjamu Liverpool di Stadion do Dragao, Portugal, dalam laga leg kedua babak 8 besar Liga Champions, Kamis (18/4/2019), setelah sebelumnya tumbang 2-0 di Anfield, pada leg pertama.

Menurut pemain timnas Brasil itu, Porto memiliki pengalaman serupa yang dapat dijadikan modal berharga, yakni ketika mereka teringgal 2-1 atas AS Roma di Stadio Olimpico dan kemudian membalikkan keadaan pada leg kedua.

"Itu [tumbang 2-0] bukan hasil yang positif, tentu saja bukan hasil yang kami inginkan, tetapi kami menunjukkan kami [adalah tim] kuat, meskipun menghadapi tim hebat di kandangnya sendiri [Liverpool]. Kami tahu itu [merupakan pertandingan] sulit, kami kecewa dengan hasilnya, tetapi kami masih [memiliki peluang].

“Pada babak sebelumnya [melawan AS Roma], kami kalah [2-1 di Olimpico] dan berhasil menang di kandang. Kami menghadapi tim yang suka menekan lebih jauh [ke depan] dan strategi kami adalah mencoba untuk melawan kekuatan itu,” kata Alex Telles, dikutip laman resmi Porto.

Namun, menghadapi Liverpool jelas tidak akan berjalan mudah seperti mereka menumbangkan Roma 3-1 di Stadion do Dragao. Permainan menyerang anak asuh Jurgen Klopp diprediksi akan membuat lini pertahanan Porto bermain lebih sibuk, ditambah kembalinya ketajaman Mohamed Salah, yang berhasil mencetak 2 gol dalam 2 laga terakhirnya di Liga Inggris, termasuk saat Liverpool menumbangkan Chelsea 2-0, Minggu (14/4/2019).

“Itu [gol Mohamed Salah] mengejutkan, saya sangat senang. Saya melihatnya dengan sangat baik; mungkin aku [orang pertama] yang melihat bola masuk. Itu adalah hasil akhir yang benar-benar luar biasa. Dan saya tidak ingin memperkecil hal itu, karena saya menginginkan tujuan pertama [kami sebelum pertandingan] yang persis sama [seperti hasil yang kami dapat],” kata Jurgen Klopp, dikutip laman resmi Liverpool.

Mohamed Salah dan kolega sendiri pada musim lalu juga berjumpa Porto di fase gugur. Saat The Reds bertandang ke Stadion do Dragao, mereka berhasil unggul 5-0, dan bermain imbang 0-0 di Anfield. Catatan tersebut akan menjadi modal penting, sekaligus peringatan untuk tim tuan rumah supaya bermain maksimal, untuk lolos ke babak semifinal.

Prediksi Jalannya Pertandingan

Liverpool akan kembali mengandalkan trio Firmino-Mane-Salah di barisan depan, dengan 3 pemain di lini tengah dapat diisi oleh Henderson, Keita dan Fabimho, atau memasang gelandang yang lebih agresif seperti Giorginio Wijnaldum atau Adam Lallana. The Reds sendiri diprediksi akan tetap tampil agresif, kendati bermain di kandang lawan, dan akan lebih banyak memegang bola.

Sementara itu, kubu tuan rumah yang tidak diunggulkan, akan bermain tanpa beban. Kehadiran puluhan ribu pendukungnya yang akan memadati Stadion do Dragao, akan menambah semangat Moussa Marega dan kolega. Mereka pun diprediksi akan lebih banyak menunggu dan melakukan serangan balik cepat, dengan mengandalkan sisi sayap untuk mengeksploitasi pertahanan Liverpool.

Perkiraan Susunan Pemain

Porto (4-4-2): Iker Casillas; Eder Militao, Pepe, Felipe, Alex Telles; Otavio, Danilo Pereira, Hector Herrera, Jesus Manuel Corona; Moussa Marega, Tiquinho Soares.

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Naby Keita; Mohamed Salah, Roberto Firminho, Sadio Mane.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis