Prediksi Persija vs SLNA, Berharap Magis GBK

Oleh: Ibnu Azis - 14 Maret 2018
Dibaca Normal 2 menit
Dari dua laga terakhir di GBK, Macan Kemayoran selalu memenangi pertandingan dengan skor meyakinkan.
tirto.id - Persija akan menjamu Song Lam Nghe An (SLNA) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada laga lanjutan babak penyisihan Grup H Piala AFC 2018, Rabu (14/3/2018) malam. Tuan rumah diuntungkan karena bermain di kandang sendiri, sementara tim tamu datang dengan kondisi pincang akibat absennya sejumlah pemain pilar.

Laga ini adalah kesempatan bagi Macan Kemayoran untuk meraih tiga poin demi menjaga peluang lolos ke babak selanjutnya. Di klasemen sementara Grup H, Persija Jakarta masih tersendat di posisi ketiga.

Pada pertandingan di kandang SLNA Selasa (6/3) lalu, Ismed Sofyan dan kawan-kawan sukses menahan tuan rumah tanpa gol. Hasil tersebut sekaligus menghentikan rekor SLNA yang selalu meraih kemenangan di dua laga awal Grup H.

Kondisi Tim

Pelatih Persija, Stefano Cugurra mengatakan tak ingin timnya kembali bermain dengan 10 orang saat menjamu SLNA di Jakarta. Hal itu ia kaitkan dengan laga saat menjamu klub Singapura, Tampines Rovers pada akhir Februari lalu.

Pada laga itu, Persija harus bermain dengan 10 pemain nyaris selama satu babak usai bek tengah Jaimerson da Silva Xavier mendapat kartu merah pada babak kedua.

"Saya tidak mau tim bermain dengan 10 pemain lagi. Saya sudah bicara dengan masing-masing pemain," kata pelatih yang akrab disapa Teco itu di Jakarta, Selasa (13/3), seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, Teco juga mewanti-wanti para pemainnya agar sebisa mungkin tidak melanggar pemain. Sebab, wasit di Piala AFC tidak ragu untuk mengeluarkan kartu kuning.

Terkait strategi yang akan diterapkan pada laga nanti, Teco sudah mempunyai cara untuk meredam serangan lawannya. Kuncinya, menurut Teco, adalah organisasi serangan dari penyerangan ke bertahan.

"Terpenting adalah organisasi serangan dari penyerangan ke bertahan. Bagaimana kita mengubahnya dengan cepat," jelasnya dikutip dari situs resmi klub, Selasa.

Pada pihak lawan, tim asuhan pelatih Nguyen Duc Thang datang dalam kondisi pincang. Song Lam Nghe An tidak diperkuat enam pemain pilar, yakni Osmar Moreira, Michael Olaha, Que Ngoc Hai, Phan Van Duc, Ho Khac Ngoc, Ho Sy Sam.

"Kami memang tidak membawa beberapa pemain, tetapi kami masih punya pemain lain," kata Nguyen.

Kendati demikian dirinya akan memilih pemain terbaik yang ada untuk diturunkan dan bertekad meraih hasil positif di kandang lawan demi mempertahankan posisi puncak di klasemen Grup H.

Berkomentar soal peluangnya di laga Rabu malam nanti, Nguyen menyebut pertandingan ini sama dengan laga Piala AFC lainnya. Namun, performa klub asal Vietnam itu agak terganggu akibat padatnya jadwal kompetisi. Sebab, SLNA juga bermain di Liga Vietnam yang saat ini sedang bergulir.

Pertandingan Terakhir

Performa Persija di lima laga terakhir cukup memuaskan dengan tiga kemenangan, sekali kalah, dan satu hasil seri. Kekalahan Macan Kemayoran diderita di ajang kejuaraan antar klub Asia saat bertandang ke Malaysia melawan Darul Takzim FC pada 14 Februari lalu.

[S] SLNA vs Persija: 0-0 (Piala AFC, 6 Maret 2018)
[M] Persija vs Tampines Rovers: 4-1 (Piala AFC, 28 Februari 2018)
[M] Persija vs Bali United: 3-0 (Piala Presiden, 17 Februari 2018)
[K] Darul Takzim FC vs Persija: 3-0 (Piala AFC, 14 Februari 2018)
[M] Persija vs PSMS Medan: 1-0 (Piala Presiden, 12 Februari 2018)

Pada pihak lawan, SLNA memiliki performa yang tak kalah baik. Dari lima pertandingan yang telah dilakoni, Michael Olaha dan kawan-kawan mengemas empat kemenangan dan sekali seri.

[S] SLNA vs Persija: 0-0 (Piala AFC, 6 Maret 2018)
[M] SLNA vs Darul Takzim FC: 2-0 (Piala AFC, 28 Februari 2018)
[M] Tampines Rovers vs SLNA: 0-2 (Piala AFC, 10 Februari 2018)
[M] SLNA vs Binh Duong: 5-1 (Piala Vietnam, 30 November 2017)
[M] Binh Duong vs SLNA: 1-2 (Piala Vietnam, 9 November 2017)

Klasemen Sementara

Song Lam Nghe An saat ini masih kokoh di puncak klasemen Grup H Piala AFC 2018 mengemas tujuh poin tanpa tersentuh kekalahan. Klub asal Vietnam itu mengoleksi dua kemenangan dan satu hasil imbang dan ditempel ketat Darul Takzim FC di posisi kedua dengan empat poin.

Persija Jakarta memiliki poin sama dengan Darul Takzim FC namun kalah selisih gol. Bertengger di peringkat ketiga, Macan Kemayoran mengemas sekali kemenangan, sekali kekalahan, dan satu hasil seri yang dikuntit Tampines Rovers di posisi buncit dengan satu poin hasil sekali seri dan dua kali kalah.

Plus Minus

Persija: Dari dua laga terakhir di kandang sendiri, Macan Kemayoran selalu memenangi pertandingan dengan skor meyakinkan, yakni saat mengalahkan Bali United 3-0 di Final Piala Presiden 2018 dan menang 4-1 ketika menghajar klub Singapura, Tampines Rovers. Namun, Marko Simic belum menunjukkan kembali tajinya. Striker asal Kroasia itu terakhir mencetak gol pada 28 Februari lalu.

SLNA: Memiliki performa menyakinkan dalam lima laga terakhir. Tim ini juga kokoh di puncak klasemen Grup H tanpa tersentuh kekalahan. Namun, pada lawatannya ke Jakarta, Nguyen Duc Thang tidak membawa enam pemain pilar akibat berkutat cedera dan akumulasi kartu. SLNA dalam kondisi pincang jelang laga melawan Persija.

Siaran Langsung dan Live Streaming

Laga SLNA vs Persija dijadwalkan akan tayang di RCTI melalui siaran langsung dari SUGBK, Jakarta. Kick off babak pertama akan dimulai pada pukul 18:30 WIB yang bisa disaksikan melalui saluran UHF dan juga live streaming RCTI via layar smartphone.


Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
Dari Sejawat
Infografik Instagram