Final Piala AFF 2021

Prediksi Line Up & Formasi Timnas Indonesia: Leg 2 Final AFF 2021

Penulis: Oryza Aditama - 31 Des 2021 21:17 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal leg 2 final Piala AFF 2021 Thailand vs Indonesia akan dihelat Sabtu (1/1) malam. Cek prediksi line up (susunan pemain) dan formasi Timnas Indonesia
tirto.id - Jadwal leg 2 final Piala AFF 2021 Thailand vs Timnas Indonesia akan dihelat Sabtu (1/1/2022) malam pukul 19.30 WIB, di Stadion Nasional Singapura. Laga bisa ditonton via siaran langsung RCTI & iNews, maupun live streaming Vidio & RCTI+. Lalu seperti apa prediksi line up (susunan pemain) juga formasi Timnas Indonesia, mengingat Garuda butuh mengejar defisit gol yang besar.

Kekalahan telak 0-4 dari Thailand pada pertandingan final leg pertama jelas membawa beban berat bagi anak-anak Merah Putih pada laga leg kedua. Kekalahan tersebut mau tak mau memaksa tim muda asuhan Shin Tae-yong untuk segera bermain ofensif.

Di sisi lain, dengan modal keunggulan agregat yang lebar, Timnas Thailand di bawah asuhan Alexandre Polking bisa lebih leluasa untuk mentukan strategi apa yang bakal mereka terapkan saat laga final kedua nanti.



Demi mengejar ketertinggalan, Garuda bakal tampil menyerang sejak menit pertama. Oleh karenanya Shin Tae-yong bisa menurunkan Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, dan Witan Sulaeman sebagai starter di lapangan tengah.

Kombinasi ketiganya diharapkan dapat mengalirkan serangan lebih gencar ke lini pertahanan lawan. Juga memperbanyak suplai bola kepada posisi ujung tombak yang kemungkinan diisi Ezra Walian.

Skuad Garuda jelas sangat membutuhkan gol cepat dalam final leg 2 nanti. Hal itu diyakini bisa mendongkrak moral bertanding tim Merah Putih, sembari menggoyahkan kepercayaan diri lini belakang Thailand yang sejauh ini sudah membukukan 6 clean sheet dari 7 laga.



Sejatinya, dari sejumlah gelandang kreatif yang dimiliki skuad asuhan Shin Tae-yong, kiprah Witan Sulaeman boleh dibilang yang paling vital.

Gelandang berusia 20 tahun yang berkarir di klub Polandia, Lechia Gdansk, itu sampai saat ini sudah menyumbang 2 gol dan 3 assist untuk tim Garuda. Jumlah assist milik Witan juga menjadi yang terbanyak di antara seluruh anggota tim.

Tak hanya itu, Witan juga berdiri sebagai penggawa timnas yang tercatat paling banyak menciptakan peluang, yakni 12 kali. Dalam turnamen AFF tahun ini, jumlah tersebut hanya kalah dari bintang timnas Vietnam Nguyen Quang Hai (15 peluang), serta pemain Singapura Shahdan Sulaiman (19 peluang).



Dalam final leg 2 nanti Timnas Indonesia juga sudah bisa menurunkan bek kiri andalan Pratama Arhan. Absennya Arhan akibat akumulasi kartu kuning pada leg pertama memang cukup berdampak.

Bukan hanya soal bertahan, Arhan juga relatif bisa diandalkan untuk membantu serangan. Bek sayap muda milik klub PSIS Semarang itu sampai saat ini sudah menyumbang 2 gol dan 2 assist.

Arhan juga terhitung sudah menciptakan 11 kali peluang, serta menjadi penggawa timnas yang paling rajin mengirim umpan silang (crossing), yakni sebanyak 26 kali.

“Saya sangat yakin kami akan menang besok,” tegas pelatih Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers, dikutip dari laman resmi AFF.

“Jika melihat kembali pada leg pertama, tim kami gugup dan terombang-ambing oleh peluit wasit. Tapi itu bisa dimengerti karena mereka memiliki sedikit pengalaman dalam pertandingan besar,

“Tentu saja Thailand adalah tim yang kuat dan ini akan jadi pertandingan yang sulit, tapi saya akan menang besok, dan punya kepercayaan penuh tim saya bisa melakukannya,” pungkas Shin.



Prediksi Formasi dan Susunan Pemain Thailand vs Indonesia

Thailand (4-3-1-2): Siwarak Tedsungnoen; Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Theerathon Bunmathan; Phitiwat Sukjitthammakul, Sarach Yooyen, Thitipan Puangchan; Chanathip Songkrasin; Supachok Sarachat, Teerasil Dangda | Pelatih: Alexandre Polking

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya; Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Evan Dimas; Ezra Walian. | Pelatih: Shin Tae-yong


Hasil dan Statistik Pertandingan Final AFF 2021 Leg 1

Berikut ini hasil dan statistik pertandingan Indonesia vs Thailand pada final AFF 2021 leg pertama, dikutip dari laman resmi AFF

INDONESIA versus THAILAND
0 Skor 4
1 Tendangan Sudut 7
13 Tendangan Bebas 21
2 Off Sides 2
1 Shots On Target 9
3 Shots Off Target 8
25 % Akurasi Tembakan 47,4 %
72,2 % Akurasi Umpan 85,6 %
0 Blocked Shots 2
4 Saved By Goalkeeper 1
22 Pelanggaran 14
1 Kartu Kuning 2
0 Kartu Merah 0

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2021 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight