Liga Italia

Prediksi Chievo vs AS Roma, Ujian Konsistensi Giallorossi

Oleh: Gilang Ramadhan - 8 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan Chievo vs AS Roma dalam lanjutan pekan 23 Liga Italia 2018 akan dilangsungkan pada Sabtu (9/2/2019).
tirto.id - Pertandingan pekan ke-23 Liga Italia Serie A 2018/2019 antara tuan rumah Chievo vs AS Roma akan dilangsungkan pada Sabtu (9/2/2019) di Stadion Marc'Antonio Bentegodi, Verona. Tuan rumah Chievo diprediksi akan mampu menguji konsistensi Giallorossi di Liga Italia musim ini.

Chievo arahan Domenico Di Carlo gagal meraih poin penuh dalam lawatannya ke markas Empoli pada pekan 22 kemarin. Sempat unggul 2-0, Stefano Sorrentino dan kolega tidak mampu membendung dua gol yang dicetak Francesco Caputo yang memaksa laga berakhir imbang dengan skor 2-2.

Hasil tersebut membuat Veronesi menambah 1 poin menjadi 9 poin dari 22 laga. Chievo masih terjebak di dasar klasemen, selisih 9 poin dari posisi aman terakhir yang dihuni Empoli. Total, anak buah 'Mimmo' Di Carlo hanya meraih 1 kemenangan, 3 kekalahan dan 1 hasil imbang dalam lima penampilan terakhir di ajang Serie A.

Sang calon lawan, AS Roma, berada di posisi 7 klasemen dengan 35 poin, sama seperti Atalanta. Giallorossi juga tidak terkalahkan dalam 5 penampilan terakhir di ajang liga. Namun tidak pernah menang dalam 3 laga terakhir, termasuk kekalahan telak 1-7 dari Fiorentina di ajang Coppa Italia. Terakhir, anak asuh Eusebio Di Francesco meraih hasil imbang 1-1 kontra AC Milan (4/2) kemarin.

Jika mengacu selisih poin kedua kesebelasan di papan klasemen, AS Roma memang lebih diunggulkan meraih kemenangan mudah. Namun jarak poin kedua tim tidak lagi bisa menjadi acuan bagaimana laga akan berakhir.

Menurut pelatih Chievo, Domenico Di Carlo, timnya akan berusaha lolos dari zona degradasi. Keyakinan Di Carlo dilandaskan pada performa tim yang cenderung menunjukkan peningkatan dan etos tak kenal menyerah.

"Kami harus jatuh terlebih dahulu, tetapi saya yakin kami akan menyelamatkan diri karena kami telah bermain bagus di pertandingan terakhir.Penggemar kami akan datang ke stadion dan menonton tim yang tidak menyerah satu inci pun," ungkap Di Carlo optimis.



Kendati baru mengoleksi 9 poin dan menerima pengurangan 3 poin di awal musim, penampilan The Flying Donkeys di bawah arahan Di Carlo memang tidak bisa dianggap remeh. Mereka sanggup menahan Napoli, Inter Milan dan Lazio pada putaran pertama musim ini.

Pelatih AS Roma menyadari betul apa yang akan dihadapi timnya nanti. Di Francesco menilai AS Roma sering kehilangan poin ketika menghadapi tim-tim seperti Chievo dan menekankan pada anak asuhnya untuk tampil konsisten.

“Kami kehilangan banyak poin melawan seperti Chievo sehingga mereka harus dihadapi dengan cara tertentu. Mereka adalah tim yang sengit. Kami tidak konsisten, jadi kami harus solid dalam bertahan," kata mantan pelatih Sassuolo itu.

Kedua kesebelasan sendiri telah bertemu sekali pada musim ini di Olimpico, Roma dengan skor imbang 2-2. Dari 5 duel termutakhir, Chievo belum pernah menang atas AS Roma (2 Imbang 3 Kalah). Total, AS Roma berhasil menang 17 kali, imbang 13 kali dan hanya 3 kali kalah dari Chievo dari total 30 duel.

Chievo akan kehilangan sosok sang kapten, Sergio Pellissier, yang mengalami cedera. Selain itu Nenad Tomovic dan Marco Andreolli juga belum menunjukkan tanda-tanda telah pulih. Sementara AS Roma akan kehilangan Lorenzo Pellegrini yang menjalani skorsing kartu kuning.

Kendati berjarak 26 poin di papan klasemen, laga Chievo vs AS Roma diprediksi akan berlangsung menarik dan sengit. Pasalnya, 3 dari 4 duel terakhir keduanya di Bentegodi berakhir imbang. Terlebih Chievo juga berhasil menahan imbang Roma pada pertemuan pertama musim ini. Namun AS Roma diprediksi akan meraih minimal 1 poin, kendati juga berpeluang menang dengan skor telak. Di laga ini, konsistensi AS Roma akan benar-benar di uji.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight