Copa America 2019

Prediksi Brasil vs Argentina, Misi Kubur Kenangan Mineirazo

Oleh: Gilang Ramadhan - 2 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan Brasil vs Argentina dalam jadwal semifinal Copa America 2019 akan dilangsungkan pada Rabu (3/7/2019) di Stadion Mineirao, Belo Horizonte.
tirto.id - Laga semifinal Copa America 2019 antara Brasil vs Argentina akan digelar di Stadion Mineirao, Belo Horizonte pada Rabu (3/7/2019) pukul 07.30 WIB. Tuan rumah Brasil berambisi mengubur kenangan buruk kekalahan 1-7 dari Jerman dalam babak semifinal Piala Dunia 2014 di Stadion Mineirao yang terkenal dengan sebutan tragedi Mineirazo.

Publik Brasil tentu masih sangat ingat tentang memori buruk Piala Dunia 2014 tersebut. Tekanan serupa akan ditanggung anak asuh Tite pada laga ini. Melawan rival abadi, laga terakhir sang pelatih menghadapi Argentina di Stadion Mineirao berakhir dengan kemenangan 3-0 pada November 2016 silam dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018.

"Saya katakan kepada bahwa saya melakukan banyak antisipasi, saya tidak bisa tidur dan saya tidak akan tidur lagi [malam ini]," kata Tite dalam konferensi pers. "Saya bangun jam 3:15 pagi, mulai memikirkan pertandingan. Saya punya kebiasaan mencatat, jadi saya melakukannya. Itulah kenyataan dari pelatih, saya, [Lionel] Scaloni."

"Kemenangan ini [melawan Argentina] tidak memberi kami pujian sekarang dan kekalahan [melawan Jerman] yang kami miliki di sini tidak memengaruhi. Yang penting adalah momennya. Tapi antisipasi yang saya rasakan saat itu sama dengan yang saya rasakan sekarang."

Tite sendiri sudah menuai kritik dari para pendukung Brasil saat mengumumkan pemilihan skuat yang akan bermain di turnamen. Tidak ada nama bek Real Madrid, Marcelo, gelandang Liverpool Fabinho atau penyerang Tottenham Hotspurs, Lucas Moura. Terlebih, pemain andalan, Neymar, harus cedera jelang turnamen dimulai.

Brasil menjuarai Grup A setelah menang 2-0 atas Bolivia, bermain imbang tanpa gol kontra Venezuela dan menggasak Peru di laga terakhir dengan skor 5-0. Selecao menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan sejak fase grup. Di perempat final, mereka bermain imbang tanpa gol di waktu normal melawan Paraguay.

Sementara itu, Argentina mengawali turnamen dengan tidak meyakinkan. Albiceleste kalah 0-1 dari Kolombia. Di laga kedua mereka pun hanya bermain imbang 1-1 kontra Paraguay. Akan tetapi Lionel Messi dan kolega berhasil menang di laga terakhir grup melawan Qatar dan menang 2-0 kontra Venezuela di babak 8 besar.

"Baginya [Tite] itu adalah rumahnya, rakyatnya, ada keadaan yang berbeda. Bagi kami itu bisa memberi kami akses ke final," kata Scaloni. "Jika semifinal ini melawan tim lain, itu akan sama. Saya tidak percaya mengalahkan Brasil adalah hadiah."



Perkiraan Susunan Pemain

Brasil (4-2-3-1): Alisson Becker; Danile Alves, Marquinhos, Alex Sandro; Arthur, Casemiro; Gabriel Jesus, Philippe Coutinho, Everton Soares; Roberto Firmino. Pelatih: Tite.

Argentina (4-3-3): Franco Armani; Juan Foyth, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo de Paul, Paredes, Acuna; Lionel Messi, Sergio Aguero, Lautaro Martinez. Pelatih: Lionel Scaloni.

Prediksi Pertandingan

Ini akan menjadi pertemuan ke-107 antar kedua negara dalam pertandingan bertajuk Superclasico de las Amercas. Brasil menang 41 kali, sementara Argentina 38 kali menang atas Brasil. 26 pertandingan lainnya berakhir imbang. Sementara pertemuan terakhir keduanya di Copa America terjadi pada final edisi 207 silam di mana Brasil menang dengan skor 3-0.

Argentina tentu masih akan mengandalkan Lionel Messi untuk membongkar pertahanan Brasil. Bersama Sergio Aguero dan Lautaro Martinez, ketiganya telah 4 gol dari empat laga terakhir. Kemungkinan besar, Argentina tidak akan mengubah susunan pemain intinya sejak terakhir kali melawan Venezuela.

Sedangkan Brasil akan kembali diperkuat Casemiro yang absen di laga terakhir. Akan tetapi Richarlison tidak dapat melanjutkan turnamen karena masalah kesehatan. Diprediksi, Tite tidak akan melakukan pergantian yang berarti di susunan pemain intinya.

Dengan mempertimbangkan performa, catatan pertemuan dan kondisi skuat, Brasil diprediksi mampu meraih kemenangan dengan skor tipis dan lolos ke final untuk pertama kalinya sejak 2007 dan mengubur kenangan buruk Mineirazo.


Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight