Liga Spanyol 2019

Prediksi Barcelona vs Real Valladolid, Tes & Rotasi Sebelum Lyon?

Oleh: Fitra Firdaus - 15 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dalam bayang-bayang rotasi untuk Lionel Messi, prediksi Barcelona vs Real Valladolid di Liga Spanyol mengarah pada kemenangan tuan rumah.
tirto.id - Pertandingan Barcelona vs Real Valladolid akan digelar pada pada Minggu (17/2/2019) pukul 02.45 WIB. Laga di Camp Nou ini bakal menjadi tes terakhir bagi pasukan Ernesto Valverde sebelum berjumpa Lyon di 16 besar Liga Champions berselang tiga hari. Akankah ada rotasi untuk Lionel Messi?

Saat ini, Barcelona memang masih enam angka di atas Real Madrid dalam klasemen Liga Spanyol. Namun, dalam tiga laga terakhir di semua kompetisi --dua di antaranya di La Liga-- Barca hanya menuai tiga seri. Kehilangan Arthur di lini tengah tampak cukup berpengaruh.

Saat berjumpa Athletic Bilbao (11/2) Barca memakai Lionel Messi dan Luis Suarez dipadukan dengan Philippe Coutinho. Trisula ini kurang menggigit. Bisa jadi, Valverde akan menampilkan Ousmane Dembele sejak menit pertama saat jumpa Valladolid.

Trio MSD, Messi, Suarez, Dembele faktanya sudah mencetak 44 gol di La Liga musim ini. Mereka layak diadu dengan pertahanan Valladolid yang dipimpin kiper Jordi Masip, eks Barca. Valladolid sendiri hanya kebobolan 28 gol meski ada di urutan ke-15 klasemen.

"Wajah yang paling akrab bagi penggemar Barca adalah Jordi Masip. Sang kiper menjadi satu-satunya yang selalu bermain di tim (Valladolid) dan dengan rerata penyelamatan (73,1%), hanya 0,5% lebih sedikit dari mantan rekan setimnya Marc-André ter Stegen," demikian keterangan di situs resmi Barcelona.

Barca sendiri kemungkinan bakal memecah konsentrasi. Pasalnya, laga kontra Lyon ada di depan mata. Mungkin saja seperti kebiasaan Valverde selama ini, rotasi diterapkan. Dengan demikian, Barcelona tidak memakai tim inti, dan peluang Valladolid untuk mencuri angka terbuka.

Los Pucelanos sendiri meraih tiga menang, lima seri, dan empat kekalahan dalam 12 laga tandang mereka di Liga Spanyol musim ini. Namun, kelemahan mendasar tim ini ada di lini serang yang hanya mencetak 19 gol, paling sedikit di antara tim peserta Liga Spanyol.



Perkiraan Susunan Pemain
Barcelona (4-3-3): Marc Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arturo Vidal, Sergio Busquets, Ivan Rakitic; Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele

Real Valladolid (4-3-3):
Jordi Masip; Javi Moyano, Kiko Olivas, Fernando Calero, Nacho; Michel, Borja Fernandez, Ruben Alcaraz; Keko, Sergi Guardiola, Toni Villarreal

Prediksi Pertandingan
Pemain yang paling mungkin menciptakan masalah bagi Real Valladolid di laga ini adalah Lionel Messi. Bukan cuma 21 golnya yang menunjukkan ketajaman, Messi juga menyumbangkan 10 assist, tertinggi di Barcelona.

Namun, pelatih Valladolid, Sergio Gonzalez, dikutip Marca menegaskan, "Bakal salah jika kami hanya fokus kepada Messi. Kami punya waktu satu jam sebelum laga untuk melihat apakah Ernesto menerapkan rotasi atau tidak. Jika kami harus menghentikan Mess, kami akan melakukannya sebagai satu unit."

Ucapan Sergio tersebut menyiratkan, Valladolid akan berupaya memutus aliran bola kepada Messi, alih-alih hanya menerapkan man marking kepada La Pulga. Namun, ketika Messi dikawal, masih ada Ousmane Dembele dan Luis Suarez. Fakta bahwa Barca mencetak 38 gol di kandang dalam 12 partai layak disimak oleh Valladolid.

Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight