Copa America 2019

Prediksi Argentina vs Chile, Misi Balas Dendam Albiceleste

Oleh: Gilang Ramadhan - 6 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Laga perebutan juara ketiga Copa America 2019 antara Argentina vs Chile akan dilangsungkan pada Minggu (7/7/2019) di Arena Corinthians, Sao Paulo.
tirto.id - Pertandingan perebutan juara ketiga Copa America 2019 antara Argentina vs Chile akan dilangsungkan pada Minggu (7/7/2019) di Arena Corinthians, Sao Paulo. Duel ulangan final dua edisi sebelumnya ini diprediksi menjadi ajang balas dendam Albicelsete, yang selalu kalah dalam dua pertemuan tersebut.

Argentina disingkirkan oleh Brasil di babak semifinal (3/7/2019) dengan skor 0-2. Harapan Lionel Messi dan kawan-kawan melaju ke babak final tiga kali beruntun pupus oleh gol-gol dari Gabriel Jesus dan Roberto Firmino.

Sebenarnya, Lionel Messi dan kolega tampil lebih dominan dalam pertandingan tersebut, baik secara jumlah peluang maupun penguasaan bola. Sergio Aguero dan Lionel Messi bahkan sempat membuat peluang yang membentur gawang. Menurut skuat Argentina wasit mengambil keputusan-keputusan kontroversial sepanjang laga dan menyesalkan beberapa pelanggaran yang seharusnya dihadiahi penalti.

Sementara Chile keok dari Peru dengan skor telak 3-0. Juara bertahan secara mengejutkan tidak mampu membalas gol-gol dari Edison Flores, Yoshimar Yotun dan Paolo Guerrero. Ambisi mempertahankan gelar dalam tiga edisi beruntun gagal.

"Ini pertandingan penting dalam segala hal," kata pelatih Chile, Reinaldo Rueda. "Untuk martabat, kebanggaan, dan karena ingin menyelesaikan turnamen dengan baik, di mana sesuatu yang kita capai adalah sesuatu yang penting."

Chile kemungkinan besar tidak akan diperkuat oleh Arturo Vidal yang mengalami cedera pergelangan kaki. Akan tetapi Alexis Sanchez, Eduardo Vargas, Charles Aranguiz dan Erick Pulgar hampir dipastikan bermain.

Sedangkan Argentina diprediksi tetap akan menurunkan skuat utamanya, termasuk Lionel Messi. Kekalahan pada dua final edisi sebelumnya diyakini juga akan menjadi motivasi lebih bagi Albiceleste untuk balas dendam. Pelatih Lionel Scaloni pun beranggapan sama seperti pelatih Chile.

"Pertandingan dengan Chile tetap penting," kata sang pelatih. "Kami ingin finis dengan cara sebaik mungkin. Semua orang termotivasi."



Perkiraan Susunan Pemain

Argentina (4-3-1-2): Franco Armani; Nicolas Tagliafico, Nicolas Otamendi, German Pezzella, Juan Foyth; Giovani Lo Celso, Leandro Paredes, Rodrigo de Paul; Lionel Messi; Matias Suarez, Lautaro Martinez. Pelatih: Lionel Scaloni.

Chile (4-3-3): Gabriel Arias; Jean Beausejour, Guillermo Maripan, Gary Medel, Mauricio Isla; Arturo Vidal, Erick Pulgar, Charles Aranguiz; Alexis Sanchez, Eduardo Vargas, Angelo Sagal. Pelatih: Reinaldo Rueda.

Prediksi Pertandingan

Kedua kesebelasan telah bertemu sebanyak 88 kali sebelumnya. Argentina unggul jauh dengan catatan 59 kemenangan, 23 hasil imbang serta baru 6 kali kalah dari Chile. Pada pertemuan terakhir mereka di kualifikasi Piala Dunia 2018 Maret 2017 silam, Argentina sukses menang dengan skor 1-0.

Ini merupakan pertemuan perdana kedua tim di babak perebutan juara tiga Copa America. Agrentina kalah dalam kesempatan terakhir mereka pada edisi 1987 melawan Kolombia dengan skor 1-2. Begitu juga dengan Chile yang takluk dari Meksiko di edisi 1999.

Chile akan mengandalkan sosok Charles Aranguiz sebagai kreator serangan. Aranguiz tercatat sebagai pemain paling kreatif sepanjang turnamen digelar dengan menciptakan 17 peluang bersih serta 3 assist. Sedangkan Tim Tango akan sekali lagi menaruh harapan di punggung Lionel Messi demi membalas dendam kekalahan dua final sebelumnya.

Diprediksi, laga Argentina vs Chile ini akan berlangsung ketat sejak menit pertama. Skor kemenangan tipis untuk Argentina diprediksi menjadi hasil akhir pertandingan.


Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight