Copa America 2019

Jadwal Final Copa America 2019: Brasil vs Peru 8 Juli 2019

Oleh: Gilang Ramadhan - 4 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal final Copa America 2019 antara Brasil vs Peru akan dilangsungkan pada Senin, 8 Juli 2019 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro.
tirto.id - Jadwal final Copa America 2019 antara Brasil vs Peru akan digelar pada Senin, 8 Juli 2019 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro. Peru berhasil menyusul Brasil setelah menundukkan juara bertahan Chile dengan skor 3-0 pada Kamis (4/7/2019).

Peru arahan Ricardo Gareca secara mengejutkan singkirkan juara bertahan Chile. Edison Flores sudah membawa timnya unggul pada menit 20 lewat sepakan voli terukurnya. Sedangkan Yoshimar Yotun mengakhiri babak pertama dengan keunggulan dua gol untuk Peru.

Di babak kedua, Chile terus menekan pertahanan Peru sejak sepak mula. Akan tetapi penampilan gemilang kiper Pedro Gallese sempat menggagalkan dua peluang emas Chile dari sepakan Jean Beausejour dan Eduardo Vargas pada menit 79. Paolo Guerrero memupus harapan Chile berlaga di final untuk ketiga kali secara beruntun lewat golnya menit 90. La Roja mendapat penalti di pengujung laga, namun Vargas gagal menceploskan bola ke gawang.

"Tim memiliki kinerja yang baik melawan tim yang sangat hebat. Laga final memiliki nada yang sama sekali berbeda, mental kita adalah untuk menang," ucap pelatih Ricardo Gareca seusai pertandingan.

Kiper Pedro Gallese mencatat 7 penyelamatan -termasuk penalti- sepanjang laga berlangsung. Jumlah tersebut menjadi terbanyak yang pernah dicatatkan kiper sepanjang sejarah Peru berlaga di laga semifinal Copa America. Selain itu, Paolo Guerrero membukukan rekor sebagai pemain aktif dengan jumlah gol terbanyak di Copa America (13 gol).

Ini merupakan kelolosan pertama Peru ke partai final Copa America sejak 1975 silam. Kala itu, Peru berhasil mengangkat trofi untuk kedua kalinya setelah menaklukkan Kolombia di laga final yang masih berformat tiga leg. Peru kalah 0-1 di kandang Kolombia, lalu menang 2-0 di depan publik sendiri dan menang 0-1 di laga terakhir yang berlangsung di Uruguay.



Peru akan menghadapi tuan rumah turnamen, Brasil. Kedua negara sendiri baru pertama kali berjumpa di babak final Copa America sejak kompetisi ini dimulai pada 1916 silam.

Kedua kesebelasan bertemu di fase grup, di mana Brasil menang dengan skor 5-0. Terlebih, Peru hanya menang satu kali dari tujuh kesempatan terakhir melawan Selecao di semua ajang (1 Imbang 5 Kalah).

Brasil sendiri memastikan lolos ke partai final untuk pertama kalinya sejak 2007 usai kalahkan Argentina dengan skor 2-0. Roberto Firmino dan Gabriel Jesus menyumbang satu gol dan satu assist.

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight