Copa America 2019

Hasil Chile vs Peru, Skor 0-3: La Rojiblanca Lolos ke Final

Oleh: Gilang Ramadhan - 4 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 0-3 menjadi hasil Chile vs Peru dalam laga semifinal Copa America 2019 yang berlangsung pada Kamis (4/7/2019) di Arena do Gremio.
tirto.id - Hasil Chile vs Peru dalam laga semifinal Copa America 2019 berkesudahan dengan skor akhir 0-3. Bermain di Arena do Gremio pada Kamis (4/7/2019) pagi waktu Indonesia, La Rojiblanca lolos ke babak final melalui gol-gol Edison Flores, Yoshimar Yotun dan Paolo Guerrero.

Kedua kesebelasan menurunkan skuat terbaiknya. Chile mengandalkan Alexis Sanchez di lini depan serta Arturto Vidal dan Charles Aranguiz di lini tengah. Sedangkan Peru menurunkan Christian Cueva, Edison Flores, Andre Carrillo dan Paolo Guerrero.

Pertandingan baru berjalan dua menit Peru sudah menciptakan peluang. Paolo Guerrero berhasil lolos dari kawalan bek Chile dan mengirim umpan pendek mendatar kepada Christian Cueva yang berdiri bebas di depan gawang. Namun tendangannya masih melebar.

Lima menit berselang Charles Aranguiz membuang peluang matang. Umpan tarik mendatar Jean Beauejour dari sayap kiri berhasil disambar Aranguiz, tetapi bola masih melenceng tipis di sisi kiri gawang.

Peru membuka angka pada menit 20 melalui sepakan first-time Edison Flores.
Bermula dari umpan tarik Andre Carrillo, Christian Cueva meneruskan bola dengan tandukkan yang diarahkan ke tiang jauh. Flores yang berdiri tanpa pengawalan dengan tenang melancarkan sepakan first-time kaki kanan.

Yoshimar Yotun sukses memperlebar keunggulan Peru pada menit 38. Berawal dari aksi Andre Carrillo di sayap kanan, kiper Chile, Gabriel Arias keluar untuk menghadang Carrillo. Tetapi gelandang Benfica itu mampu lewat dan mengirim umpan kepada Yotun. Dalam keadaan gawang kosong, Yotun dengan mudah mencetak gol.

Skor 2-0 untuk Peru bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Chile berupaya untuk memperkecil selisih skor. Pada menit 50, tandukan Eduardo Vargas memanfaatkan umpan tendangan bebas Charles Aranguiz hanya membentur tiang gawang.

Sembilan menit kemudian, Peru hampir memupuskan harapan Chile untuk melangkah ke final. Yoshimar Yotun gagal meneruskan umpan Christian Cueva di depan gawang menjadi gol. Sepakannya melambung tinggi.

Kiper Peru, Pedro Gallese, melakukan dua penyelamatan gemilang. Pertama adalah sepakan voli Jean Beausejour dan yang kedua adalah sepakan Eduardo Vargas pada menit 79. Gallese menahan bola dengan badannya saat berhadapan satu lawan satu dengan Vargas.

Ketika laga memasuki menit 90, Peru berhasil kembali mencetak gol. Kali ini Paolo Guerrero yang menjadi lakon. Menerima umpan terobosan Renato Tapia, top skor sepanjang masa Peru itu langsung berhadapan dengan Gabriel Arias. Dengan tenang Guerrero melewati Arias sebelum menceploskan bola ke gawang.

Di pengujung pertandingan, Chile mendapatkan hadiah penalti. Akan tetapi Eduardo Vargas yang menjadi eksekutor gagal mencetak gol. Sepakan pelannya dengan mudah diamankan Pedro Gallese.

Skor kemenangan 3-0 Peru bertahan hingga pertandingan berakhir. Chile memperoleh 15 peluang, 7 di antaranya menemui sasaran dari 65% penguasaan bola. Sementara Peru memiliki 3 tembakan tepat ke gawang dari total 9 percobaan mencetak gol.

Susunan Pemain

CHILE (4-3-3): Gabriel Arias; Mauricio Isla, Gary Medel, Guillermo Maripan (Nicolas Castillo 89'), Jean Beausejour; Arturo Vidal, Erick Pulgar, Charles Aranguiz; Jose Pedro Fuenzalida (Angelo Sagal 46'), Alexis Sanchez, Eduardo Vargas.

PERU (4-2-3-1): Pedro Gallese; Luis Advincula, Carlos Zambrano, Luis Abram, Miguel Trauco; Renato Tapia, Yoshimar Yotun; Andre Carrillo (Andy Polo 71'), Christian Cueva (Josepmir Ballon 80'), Edison Flores (Christopher Gonzalez 50'); Paolo Guerrero.

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight