Prabowo-Sandiaga Menang Telak di TPS Kampung Akuarium

Oleh: Restu Diantina Putri - 17 April 2019
Di TPS 040 Kampung Akuarium, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara Prabowo-Sandi unggul dengan perolehan 163 suara, sementara Jokowi-Ma'ruf hanya berhasil mendapat 32 suara dan dua surat suara tidak sah.
tirto.id -
Pasangan Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno menang telak di TPS 040 Kampung Akuarium, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

Prabowo-Sandi unggul dengan perolehan 163 suara. Sementara rivalnya, Jokowi-Ma'ruf hanya berhasil mendapat 32 suara dan dua surat suara tidak sah.

Total suara yang berhasil dihimpun adalah 197 surat suara, yang terdiri dari 172 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 25 Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Adapun total DPT yang terdaftar di TPS 040 adalah 271. Itu artinya, ada 99 DPT yang memilih tak mencoblos di TPS.

"Itu biasanya karena banyak warga yang pulang kampung. Karena setelah penggusuran banyak warga yang tersebar baik ke rusun-rusun maupun ke luar kota. Di sini tidak ada yang menggunakan formulir A5," jelas Taopaz Juanda, Ketua KPPS TPS 040 yang juga Ketua RT 12/4, Kelurahan Penjaringan Jakarta Utara.

Hasil perhitungan suara ini jelas jauh berbeda pada gelaran Pilpres 2014. Saat itu, Jokowi - JK berhasil meraup suara hingga sekitar 75 persen dan unggul dari lawannya Prabowo - Hatta.

Kemenangan Prabowo-Sandi di daerah ini sudah terprediksi sebelumnya. Mengingat, warga Kampung Akuarium masih menyimpan luka akibat penggusuran yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Basuki Tjahja Purnama.

Padahal, Joko Widodo sempat membuat kontrak politik dengan warga setempat pada kampanye Pilgub 2012 bahwa tidak akan menggusur penduduk Kampung Akuarium dan memberikan mereka sertifikat resmi atas tanah dan bangunan yang mereka tinggali saat itu.





Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Restu Diantina Putri
(tirto.id - Politik)

Reporter: Restu Diantina Putri
Penulis: Restu Diantina Putri
Editor: Nur Hidayah Perwitasari