Hasil Pilpres, Jokowi Menang di TPS Amien Rais Mencoblos

Oleh: Irwan Syambudi - 17 April 2019
Hasil penghitungan di TPS tempat keluarga Amien Rais mencoblos pasangan 01 mendapatkan 158 suara, pasangan 02 mendapatkan 80 suara, sedangkan ada dua suara tidak sah.
tirto.id - Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf unggul di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 123 Condongcatur, Depok, Sleman Yogyakarta tempat Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Amien Rais mencoblos.

Dari hasil perhitungan suara yang dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Jokowi menang atas Prabowo dengan selisih 78 suara.

"Hasil penghitungan, pasangan 01 mendapatkan 158 suara, pasangan 02 mendapatkan 80 suara, sedangkan ada dua suara tidak sah" kata Ketua KPPS 123 Condongcatur Chitmatul Huda pada Reporter Tirto, Rabu (17/4/2019).

Jumlah pemilih di TPS tersebut yang menggunakan hak pilihnya total ada 240 orang. Sementara berdasarkan data di TPS tersebut terdapat 256 Daftar Pemilih Tetap (DPT), 12 Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan dua Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Di antara ratusan DPT itu terdapat keluarga Amien Rais yang ikut mencoblos di TPS tersebut.

"Sesuai dengan DPT selain Bapak dan Ibu Amien nanti juga ada putrinya yang nyoblos di sini," kata dia.

Huda mengatakan jika dibandingkan dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di TPS tersebut memiliki tingkat partisipasi pemilih antara 60 persen hingga 70 persen.

Namun untuk Pemilu 2019 ini jumlah partisipasi pemilih sangat tinggi bahkan tingkat partisipasi tercatat hampir mencapai 90 persen.



Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari