Prabowo, Panglima TNI dan KSAD Dudung Hadiri Rapat Komisi I DPR

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 26 Sep 2022 11:49 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Rapat Komisi I DPR bersama Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa beserta kepala staf tiga matra digelar tertutup.
tirto.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman hadir dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Gedung Nusantara II pada Senin (26/9/2022). Dudung menjadi sorotan setelah sebelumnya absen dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI pada Senin (5/9/2022).

Kehadiran Dudung menjadi sorotan karena adanya isu disharmoni antara dirinya dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Isu tersebut disampaikan oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon.

Meskipun keduanya membantah isu disharmoni, namun hal itu masih terlihat dari posisi duduk mereka dalam rapat. Keduanya tidak duduk dalam meja yang sama.

Selain Dudung, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga hadir dalam rapat kerja tersebut. Prabowo juga absen pada rapat kerja sebelumnya dengan alasan membersamai presiden dalam sebuah tugas kerja.

Dalam rapat kerja kali ini, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo. Dirinya diwakili Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Fahru Zaini Isnanto.

Rapat kerja yang dimulai pada pukul 10.00 WIB, dilakukan secara tertutup. Setelah Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid meminta persetujuan kepada seluruh peserta rapat mengenai mekanisme rapat.

"Rapat dapat kita buka. Kami tanyakan dulu kepada forum ini, apakah rapat ini dibuka dengan sifat tertutup atau terbuka? Tertutup? Saudara Menhan? Tertutup?" tanya Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid di ruang rapat Komisi I DPR.

"Tertutup," jawab Prabowo.

"Baik rapat kita buka dengan sifat tertutup," tegas Meutya.

UJI KELAYAKAN DAN KEPATUTAN CALON PANGLIMA TNI
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) melakukan salam komado dengan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid (kanan) sebelum mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.


Setelah menjelaskan mengenai sifat rapat yang dilakukan secara tertutup, Meutya juga mengungkapkan mengenai alasan ketidakhadiran Kepala Staf Angkatan Udara.

"Bahwa hari ini Pak KSAU ada bantuan kemanusiaan untuk korban banjir mendampingi Presiden. Suratnya ada nanti kalau bapak/ibu ingin melihat suratnya, sudah diberikan kepada Komisi I. Namun diusahakan menyusul," jelas Meutya.


Baca juga artikel terkait KSAD DUDUNG ABDURACHMAN atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight