Pondok Pesantren dan Rumah Ibadah jadi Sasaran Vaksinasi COVID-19

Oleh: Abdul Aziz - 7 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi meninjau kegiatan vaksinasi bagi para santri di Pondok Pesantren K.H Syamsuddin, Kabupaten Ponorogo.
tirto.id - Pemerintah terus menggalakkan program vaksinasi di sejumlah daerah untuk menekan penyebaran Covid-19. Sasarannya antara lain pondok pesantren, sekolah, dan rumah ibadah. Hal ini dipantau langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Selasa, 7 September, Jokowi mengawali kunjungan kerja di Provinsi Jawa Timur dengan meninjau vaksinasi bagi pelajar yang digelar di SMK PGRI 2 Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 1.000 siswa-siswi SMK menerima suntikan dosis pertama vaksin Sinovac.

Selanjutnya, Jokowi meninjau kegiatan vaksinasi bagi para santri di Pondok Pesantren K.H Syamsuddin, Kabupaten Ponorogo. Kegiatan vaksinasi secara bersamaan juga dilakukan di pondok pesantren, gereja dan rumah ibadah di 34 provinsi.

“Siang hari ini kita telah melaksanakan vaksinasi serentak di pesantren dan gereja, rumah-rumah ibadah. Saya sangat menyambut baik apa yang dilakukan oleh TNI dan Polri ini,” ucap Jokowi dalam rilis resmi.

Jokowi berharap dengan percepatan vaksinasi di sejumlah daerah dapat menekan penyebaran Covid-19. Ia juga mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan meskipun telah divaksin.

"Semoga dengan kecepatan vaksin yang telah kita lakukan, penyebaran Covid, penyebaran varian delta bisa kita kurangi, bisa kita hentikan,” kata dia.

Jokowi melakukan dialog dengan sejumlah pondok pesantren dan rumah ibadah yang juga melakukan vaksinasi secara serentak melalui konferensi video di Pondok Pesantren K.H Syamsuddin, Kabupaten Ponorogo.

Dalam dialog tersebut, Jokowi menyampaikan target vaksinasi nasional di akhir 2021 mencapai angka 70 persen. Target tersebut juga diharapkan dapat dicapai oleh setiap provinsi termasuk Provinsi NTB yang akan menjadi tuan rumah perhelatan internasional World Superbike pada November mendatang.

“Kita inginkan seluruh provinsi bisa tervaksin minimal 70 persen itu di akhir tahun ini. Syukur sebelum perhelatan terutama yang di sekitar venue sudah bisa diselesaikan,” ucap dia.

Banner BNPB Info Lengkap Seputar Covid19
Banner BNPB. tirto.id/Fuad

Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Abdul Aziz
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Abdul Aziz
Editor: Maya Saputri
DarkLight