Polisi Periksa Penanggung Jawab Demo Tolak Bioskop di Cililitan

Oleh: Adi Briantika - 16 Januari 2020
Kelompok yang menamakan diri Gerakan Ormas Islam Betawi (GOIB) berencana menggelar unjuk rasa besok pukul 13:00 WIB, Jumat (17/1/2020), di PGC.
tirto.id - Polisi memeriksa Andy M Sholeh, penanggung jawab aksi penolakan pembangunan Bioskop XXI dekat Masjid As-Sinah di PGC, Cililitan, Jakarta Timur.

Andi bersama kelompok yang menamakan diri Gerakan Ormas Islam Betawi (GOIB) berencana menggelar unjuk rasa pukul 13:00 WIB, Jumat (17/1/2020).

"Bukan ditangkap. Kami datang ke rumah yang bersangkutan untuk meminta keterangan, apakah betul yang memasang spanduk itu dia," ujar Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian, ketika dihubungi, Kamis (16/1/2020).

Jerry memastikan Andi yang memasang spanduk penolakan bioskop di PGC dan sekitarnya.

Tak hanya memasang spanduk, ormas GOIB juga menyebar brosur via WhatsApp yang isinya sebegai berikut:

"Warga masyarakat Betawi Cililitan dan sekitarnye bersama ummat Islam Jakarta Timur mengajak ummat untuk aksi bela agama Islam dan kaum Pribumi yang telah diresahkan oleh pengusaha Cina yang membangun 4 Bioskop XXI berdekatan Masjid As-Sinah 20 meter di lantai 7 PGC."

Brosur itu juga mengklaim bangunan bioskop berdekatan dengan makam keramat para habib yang dihormati dan dimuliakan umat Islam.


Baca juga artikel terkait BIOSKOP XXI atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight