PKS: Agung Yulianto & Ahmad Syaikhu Belum Final Jadi Cawagub DKI

Oleh: Damianus Andreas - 12 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo memastikan Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu yang telah diumumkan sebelumnya belum final menjadi cawagub DKI Jakarta terpilih.
tirto.id - Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) DKI Jakarta Syakir Purnomo mengklarifikasi ihwal penetapan Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu sebagai calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta terpilih.

Syakir menyebutkan penetapan akhir kedua nama calon yang lolos tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) masih dibahas bersama pimpinan DPD Partai Gerindra DKI Jakarta.

“Keputusan dua dari tiga nama terbaik kader PKS untuk menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta masih dibahas bersama Partai Gerindra. Rekomendasi dan masukan dari panelis saat fit and proper test, focus group discussion, dan pendalaman pada Jumat (8/2/2019) malam kemarin menjadi pertimbangan penting kami,” kata Syakir melalui keterangan tertulis pada Senin (11/2/2019) malam.

Lebih lanjut, Syakir memastikan kedua nama yang telah diumumkan sebelumnya belum final.

Pasalnya, dua nama yang direkomendasikan oleh tim panelis masih perlu dibahas lebih dulu secara internal oleh kedua partai, sebelum disetujui dan hasilnya nanti diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Syakir menyebutkan PKS menghormati aspirasi, masukan, dan pertimbangan dari Partai Gerindra terkait nama yang diputuskan. Oleh karena itu, Syakir pun lantas menganulir pengumuman nama Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu yang disampaikannya melalui keterangan tertulis pada Senin (11/2/2019) kemarin.

“Karena Partai Gerindra adalah mitra koalisi strategis, baik di level nasional maupun di Jakarta. Karenanya, pertimbangannya sangat perlu untuk didengarkan,” ujar Syakir.

Kendati demikian, Syakir mengakui bahwa DPW PKS DKI Jakarta memang telah mengirimkan surat kepada pimpinan Partai Gerindra DKI Jakarta pada Minggu (10/2/2019) malam. Surat tersebut berisi permohonan mereka dalam meminta kesiapan waktu pimpinan Partai Gerindra dalam memutuskan dua nama calon wakil gubernur DKI Jakarta.

“Mengingat ada kesepakatan bersama sebelumnya bahwa pada 11 Februari 2019, PKS dan Partai Gerindra akan mengirimkan dua nama kader PKS sebagai calon wakil gubernur kepada Gubernur Anies,” kata Syakir.




Baca juga artikel terkait CAWAGUB DKI atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Maya Saputri
DarkLight