PKL Pasar Senen akan Dipindah ke Pasar Kenari agar Tak Semrawut

Oleh: Alfian Putra Abdi - 19 November 2019
Direktur Utama PD Pasar Jaya mengimbau para pedagang ke Pasar Senen agar tidak khawatir sepi pembeli saat dipindah ke Pasar Kenari.
tirto.id - PD Pasar Jaya berencana merelokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) dari kawasan Pasar Senen ke Pasar Kenari, Jakarta Pusat.

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengimbau para pedagang agar tidak khawatir sepi pembeli.

“Akan semakin lebih baik di Pasar Kenari apalagi di lantai 3 ada Jakbook yang cukup ramai pengunjung,” ujar Arief saat dihubungi, Selasa (19/11/2019).

Kepada para pedagang, Arief menuturkan, nantinya Pasar Kenari akan diubah menjadi lokasi yang menyediakan semua kebutuhan atau one stop shopping.

Selain itu, ia juga mengatakan, akan mendirikan bioskop di pasar itu. Upaya-upaya tersebut semata-mata agar menjamin keramaian Pasar Kenari.

"Pembangunan bioskopnya masih dalam proses perizinan," ujarnya.

Aktivitas dagang PKL di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat sempat menjadi sorotan Pemerintah Kota (Pemkot) setempat. Kehadiran PKL di kawasan itu memakan tempat, bahkan hingga menutup badan jalan.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi mengakui pihaknya kesulitan menata para pedagang. Ia tengah mencari lokasi penampungan para pedagang agar bisa berjualan di lokasi lain.

"Itu [PKL Pasar Senen] memang susah banget. Kita mau tertibkan besar-besaran cuma kita harus cari dulu tempat kemana nih mau kita tampung," ujar Irwandi saat dihubungi.



Baca juga artikel terkait PENATAAN PKL atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Widia Primastika
DarkLight