PKL di Bawah Skybridge Tanah Abang akan Digusur

Oleh: Damianus Andreas - 7 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
“Kami naikkan dulu yang sebanyak 446 itu ke skybridge. Lalu sisanya dipindahkan ke Blok F."
tirto.id - Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi berencana untuk membersihkan jalan di depan Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat dari para pedagang kaki lima (PKL).

Menurut Irwandi, rencana tersebut bakal dilakukan mulai Senin (10/12/2018) depan, yakni dengan memindahkan sebanyak 446 PKL ke Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) atau skybridge terlebih dahulu.


Pemerintah Kota Administratif Jakarta Utara sendiri mencatat setidaknya ada 650 PKL yang terdaftar di kawasan Tanah Abang. Apabila 446 di antaranya sudah pasti dipindahkan ke skybridge, para PKL sisanya akan diberikan tempat baru di Blok F Pasar Tanah Abang.

“Kami naikkan dulu yang sebanyak 446 itu ke skybridge. Lalu sisanya dipindahkan ke Blok F. Kalau mereka sudah pindah, itu tugas saya untuk ‘menyapu’ PKL yang di bawah,” kata Irwandi saat ditemui di kawasan Tanah Abang pada Jumat (7/12/2018).

Lebih lanjut, Irwandi memperkirakan perpindahan PKL itu bakal memunculkan sejumlah PKL baru guna menempati titik lama yang sebelumnya digunakan. Pembersihan terhadap para PKL yang baru muncul itulah yang lantas disebutkan Irwandi menjadi fokus pemerintah.

“Pokoknya kami enggak mau tahu, karena yang baru muncul ini tidak terdaftar [dalam 650 PKL]. Memang seperti itulah sifat PKL. Begitu ada yang dipindahkan, sudah ada yang siap-siap menggantikan di bawah. Itu kan enggak boleh,” ucap Irwandi.

Irwandi berjanji akan melakukan penggusuran itu secara maksimal sehingga jalan di depan Stasiun Tanah Abang bisa lebih tertata. Pada Senin (10/12/2018) mendatang, Irwandi pun menargetkan ada sekitar 500 personel Satpol PP Provinsi DKI Jakarta yang diterjunkan untuk menggusur PKL yang bermunculan.

“Saat ini kami sedang bikin surat permohonan ke provinsi sebanyak 300 Satpol PP. Sebanyak 200 Satpol PP merupakan kekuatan dari wilayah [Jakarta Pusat] yang kami miliki. Kami akan memonitor Tanah Abang pada Senin nanti,” kata Irwandi lagi.

Masih dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C. Pinontoan membenarkan bahwa para PKL akan mulai dipindahkan ke skybridge pada awal pekan depan. “Sekarang kan Jumat, besok Senin para PKL sudah bisa dipindahkan. Seluruhnya langsung pindah ke atas,” ujar Yoory.

Baca juga artikel terkait SKYBRIDGE TANAH ABANG atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Maya Saputri
Dari Sejawat
Infografik Instagram