Pimpin Doa, Senator Kaltim Selipkan Harapan Ibu Kota Segera Pindah

Oleh: Bayu Septianto - 16 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Idris berharap kepada Tuhan dalam doanya agar pemimpin dan pejabat tinggi negara segera memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.
tirto.id - Senator asal Kalimantan Timur, Muhammad Idris memimpin doa yang dipanjatkan dalam sidang bersama DPD/DPR dalam rangka HUT ke-74 RI. Idris pun menyelipkan harapan soal pemindahan ibu kota dalam doa yang dibacakan di hadapan Presiden Joko Widodo.

"Sekiranya pemindahan ibu kota Republik Indonesia itu Ya Rabb, sebagai solusi yang terbaik untuk mengatasi kesulitan di ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Idris di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Idris berharap kepada Tuhan dalam doanya agar pemimpin dan pejabat tinggi negara segera memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

"Maka mohon ya Rabb bulatkan tekad para pemimpin kami, para pejabat kami, lembaga tinggi negara, para alim ulama, para cendikiawan, para cerdik pandai, masyarakat," katanya.

"Khususnya untuk memindahkan di provinsi Kalimantan Timur sebagai ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, negara yang negara yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," lanjut Idris.

Sebelumnya dalam acara yang sama, Presiden Joko Widodo meminta izin parlemen untuk merealisasikan rencana pemindahan ibu kota dalam pidato tentang HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Di hadapan anggota dewan, Jokowi berharap mendapat restu parlemen agar ibu kota Indonesia dapat pindah dari Pulau Jawa ke Kalimantan.

Jokowi mengatakan ibu kota nantinya akan menjadi representasi kemajuan bangsa. Ia juga menambahkan melalui pemindahan ini akan ada pemerataan dan keadilan ekonomi.

"Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan, " ucap Jokowi.

Namun, dalam pidatonya, Jokowi masih belum menyebutkan ke titik mana lokasi sesungguhnya ibu kota baru akan pindah. Ia hanya mengulang bahwa ibu kota akan pindah ke pulau Kalimantan.


Baca juga artikel terkait PEMINDAHAN IBU KOTA atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight